Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Rahmania Astrini mengungkapkan bahwa dirinya dan band membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk mempersiapkan penampilan sebagai pembuka dalam konser tur dunia band Coldplay bertajuk “Music of The Spheres” yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Rabu (15/11) lalu.

"Aku lupa, benar-benar glitch rasanya. Pas 3 bulan sebelum konser, kami merasa panik, wah sudah dekat nih sebentar lagi. Maka dari itu kami langsung siap-siap mencari studio dan tanggal untuk latihan karena lumayan sulit juga untuk menyatukan jadwal dari sekian banyak orang yang terlibat," buka penyanyi yang akrab disapa Astri itu usai mengisi sesi konser virtual di kawasan Jakarta Timur, Jumat.

Astri mengatakan bahwa selama kurun 3 bulan tersebut, pikiran dirinya kerap mengembara ke persiapan penampilan di konser Coldplay meskipun dirinya tengah melakukan aktivitas harian yang tak ada kaitannya dengan musik.

Baca juga: Buka konser Coldplay, Rahmania Astrini takjub lautan manusia

"Merasa panik. Semisal lagi diam atau nonton, aku kepikiran setlist, nanti mesti ngomong apa di setiap jeda lagu, dan sebagainya. Aku kepikiran hampir setiap hari karena memang benar-benar merasakan semangat yang luar biasa," terang penyanyi bernama lengkap Rahmania Astrini Purwono itu.

Penyanyi yang dinobatkan sebagai "Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik" dalam ajang Anugerah Musik Indonesia tahun 2019 dan 2021 tersebut menyadari bahwa penampilan di GBK akan menyedot sangat banyak energi sehingga Astri juga mempersiapkan stamina dengan sebaik-baiknya.

"GBK itu kan venue sangat besar, artinya aku harus memiliki fisik kuat. Takutnya baru tiga lagu, aku sudah merasakan kelelahan. Makanya, aku harus jaga fisik dengan berolahraga dan menjaga pola makan agar tetap fit. Sisanya adalah berlatih musik," tutur dia.
Penyanyi Rahmania Astrini membawakan lagu "Someday Somewhere Someplace Somehow" kala tampil dalam sesi konser virtual di kawasan Jakarta Timur, Jumat (17/11). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Latihan musik yang Astri tekuni bersama rekan-rekan band juga mencakup penentuan deret lagu atau setlist di atas panggung. Pada pembukaan konser Coldplay malam itu, Astri dkk. menghadirkan sebanyak 6 lagu secara berurutan yaitu "Goodnight Kiss"+"Ground Zero", "Untitled", "Butterfly", "Menua Bersama", "Someday Somewhere Someplace Somehow", dan "Aku Cinta Dia".

Penentuan deret lagu tersebut, Astri menuturkan, didasari pada pertimbangan untuk mengenalkan sosok sang penyanyi kepada ribuan orang di GBK lewat lagu-lagu yang sudah sejak lama menyapa publik maupun lagu terbaru.

"Dari 80 ribu penonton malam itu pasti masih banyak yang belum tahu aku. Jadi, aku cari cara mengenalkan lagu aku, sekaligus juga bisa menghibur mereka lewat lagu-lagu yang sudah populer. Aku sendiri kan belum benar-benar punya lagu hit banget. Jadi, alhamdulillah punya lagu recycle 'Aku Cinta Dia' dan 'Untitled' untuk dibawakan. Sisanya adalah single terbaru 'Someday Somewhere Someplace Somehow' dan dua lagu lain adalah favorit band yang kami diskusikan," papar Astri.

Usai tampil apik dalam konser tersebut, Astri tak menampik keinginan untuk bisa berkarier menembus batas negara alias go international. Meski demikian, dirinya mengungkapkan bahwa capaian yang hendak dia kejar dalam waktu dekat ini adalah lebih mengenal audiens yang ada di dalam negeri.

"(Go international) itu mimpi yang paling jauh. Tetapi kalau memang bisa tercapai dalam waktu tidak lama, alhamdulillah banget. Sekarang ini aku sebenarnya ingin banget kenal dengan audiens di Indonesia dulu. Ingin benar-benar mendekatkan diri ke mereka. Apalagi sekarang aku sedang fokus membuat album perdana yang rencananya akan rilis pada tahun depan. Doakan ya," tutup Astri.

Baca juga: TikTok Music Live kembali hadirkan deret talenta musik lintas-genre

Baca juga: Rahmania Astrini bagikan kesan gugup disemangati Chris Martin Coldplay

Baca juga: Rahmania Astrini bawakan ulang "Untitled" Maliq & D'Essentials

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023