Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan sejumlah kegiatan dalam gelaran Hari Ikan Nasional (Harkannas) Tahun 2023 mulai dari pasar ikan murah, lomba masak ikan, expo produk perikanan, hingga bagi-bagi ikan gratis pada 19-21 November 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta.
 
"Ada banyak agenda kegiatan untuk menyemarakkan Harkannas ke-10 tahun ini," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Budi memaparkan, kegiatan Harkannas yang bertajuk "Ikan untuk Generasi Emas" ini tidak hanya kegiatan demo masak ikan dan expo produk perikanan, tetapi juga ada kegiatan pembagian ikan gratis, pasar ikan murah, hiburan dan doorprize, serta aktivasi digital yang bisa diikuti di tempat acara.
 
Tahun ini, lanjut dia, turut diagendakan Pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada puncak peringatan Harkannas tanggal 21 November 2023 di Lapangan Banteng Jakarta.
 
"Intinya kita ingin mengajak masyarakat untuk merasakan kecintaan terhadap ikan dengan makan beraneka olahan ikan," jelasnya.
 
Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP KKP Erwin Dwiyana memastikan akan ada Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional yang diikuti oleh perwakilan dari tiap provinsi di Indonesia.
 
"Ini acara 3 hari penuh di Lapangan Banteng, Jakarta, jadi buat masyarakat khususnya di Jabodetabek, kami mengundang untuk datang dan memeriahkan acara ini," kata Erwin.
 
Meski dipusatkan di Jakarta, Erwin mengimbau masyarakat yang di luar Jabodetabek pun dapat ikut meramaikan Harkannas dengan mengikuti lomba melalui media sosial dan mengunggah pengalaman atau kisah unik tentang makan ikan.
 
"Jauh bukan berarti tak bisa meramaikan, silakan dicek instagram Gemarikan dan Ditjen PDSPKP, ada lomba-lomba yang juga bisa diikuti di momen Harkannas kali ini," ujarnya.

Baca juga: KKP sebut rumput laut bisa jadi campuran produk pangan


Baca juga: KKP sebut potensi ekonomi ikan tilapia capai 13,9 miliar dolar AS

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023