Lampung Timur (ANTARA) - Ribuan anggota masyarakat sangat antusias menyambut peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2023 di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, dengan memakan ikan bersama.

Berdasarkan hasil liputan wartawan ANTARA di lokasi kegiatan terlihat ribuan warga bersama-sama menyambut Harkanas dengan memakan ikan secara serentak.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di TPI Kuala Penet, Labuhan Maringgai, Jumat, mengatakan mengkonsumsi ikan dapat memberikan kecerdasan terhadap anak bangsa.

"Saya pernah membaca buku, memakan ikan bisa membuat kita cerdas, sehingga saya terbiasa sekarang memakan ikan, dan saya bisa merasa menjadi cerdas," kata dia.

Baca juga: Menteri KP: Harkanas ke-9 pertama kali berlangsung di daerah

Baca juga: Demi berkelanjutan, KKP kembangkan zona konservasi laut ekonomi biru


Ia mengatakan Kabupaten Lampung Timur menjadi sentra produksi ikan tangkap yang menyumbang 42,4 persen ikan tangkap di Provinsi Lampung.

"Jadi memang Lampung Timur menjadi sentra produksi ikan tangkap yang cukup lumayan menyumbang hasil tangkapan untuk wilayah Lampung," katanya.

Ia mengatakan, Lampung Timur juga menjadi penyuplai ekspor kepiting rajungan ke negara tetangga setelah udang.

"Termasuk komoditas kepiting rajungan yang menjadi salah satu komoditas ekspor perikanan kepiting rajungan yang penting bagi provinsi Lampung," ujarnya.

Kemudian Kepala Dinas, Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Liza Derni juga mengatakan kegiatan perayaan hari ikan nasional tersebut diselenggarakan di TPI Kuala Penet, Kecamatan Labuhan Maringgai.

"Tema peringatan Harkanas ini adalah Ikan untuk generasi emas menuju rakyat Lampung Berjaya," kata Liza.

Dia mengatakan Kabupaten Lampung Timur merupakan sentra perikanan nasional yang menyumbang sebanyak 438.000 ton ikan per tahun.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan konsumsi ikan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut Gubernur Lampung tidak hanya mengajak masyarakat untuk bersama-sama memakan ikan, namun dirinya juga membagikan sejumlah bantuan kepada warga dan nelayan.

Pada acara itu juga dihadiri sekitar 1.000 warga dan nelayan dari kelompok perikanan, DPD HNSI Lampung, DCP HNSI Lampung Timur.*

Baca juga: 30 provinsi ikut lomba masak ikan tingkat Nasional rangkaian Harkanas

Baca juga: Pecahkan MURI, 44 ribu bibit bakau ditanam ratusan pelajar di Parigi

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023