Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/PDN & BBWI) di Taman Fatahillah, Jakarta, Minggu, salah satunya dengan memberi penghargaan ke sejumlah desainer muda berbakat.

“Dengan gelaran ini mereka bisa berinovasi dan berkreasi, mungkin di masa depannya tidak perlu mencari pekerjaan, namun bisa berkreasi bisa juga menjadi desainer yang hasil karyanya bisa dijual ke mancanegara,” ujar Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada ANTARA di sela acara.

Dari sejumlah Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan vokasi di Jakarta yang menampilkan koleksi karya busananya di acara berbentuk pesta rakyat itu, tiga siswa terpilih menjadi yang terbaik.

Baca juga: Siswa SMK dan sekolah vokasi peragakan 30 koleksi busana di Kota Tua

Penutupan Gernas BBI & BBWI Jakarta 2023 di Taman Fatahillah, Jakarta, Minggu (19/11/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)
Baca juga: Hilmanita tawarkan busana kebaya encim mewah khas Jakarta

Mereka adalah Rochmah Linda dari SMKN 30 Jakarta sebagai juara tiga, Kidung Kinanti dari ISWI Fashion Academy sebagai juara dua, dan Adelfia Saputri Mofu dari SMKN 33 Jakarta sebagai juara pertama.

Meski masih berusia remaja, mereka berhasil menciptakan karya-karya fesyen yang inovatif, dan kreatif berbahan dasar kain batik Betawi.

Selain piagam penghargaan, Heru mengatakan para peserta tersebut akan ia undang ke Balai Kota DKI Jakarta untuk dikurasi lebih lanjut, yang kemudian akan didukung dan diberi ruang lebih untuk memasarkan karyanya.

“Setelah acara ini mereka akan saya undang ke Balai Kota, untuk kami kurasi, kemudian kami berikan tempat untuk melakukan kreasinya,” jelas Heru.

Gernas BBI-BBWI Provinsi DKI Jakarta menjadi agenda penutup dari Gernas BBI-BBWI yang digelar di berbagai provinsi di Indonesia.

Fokus dari agenda tersebut kali ini adalah transformasi digital UMKM, akses lokapasar, transaksi nirtunai dan QRIS, serta pengembangan wisata urban.

Kegiatan Gernas BBI/PDN & BBWI 2023 Jakarta diawali dengan pelaksanaan Kick Off Ceremony pada 8 September 2023 di Sarinah yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar UMKM, business matching, pelatihan UMKM, business competition, serta pendampingan desainer muda yang berasal dari SMK dan sekolah vokasi di Jakarta.

Baca juga: Walet Mas Batik hadirkan produk kain batik tulis khas Kebumen

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023