Selaku Bupati, melalui media lokal bahkan nasional selalu memblow up tentang potensi yang ada di Konawe Utara salah satunya Labengki yang juga menjadi salah satu segitiga berlian pariwisata di Konawe Utara bersama Pantai Taipa dan Permandian Air Pana
Kendari (ANTARA) - Desa Labengki Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan.

Bupati Konawe, Ruksamin dalam pernyataan di Kendari, Senin, mengatakan bangga atas capaian ini, yang mana ditetapkannya Desa Labengki (Pulau Labengki) sebagai salah satu dari 15 Desa Wisata terbaik adalah buah dari kerja-kerja Pemerintah Daerah untuk memperkenalkan Labengki ke dunia luar.

"Selaku Bupati, melalui media lokal bahkan nasional selalu memblow up tentang potensi yang ada di Konawe Utara salah satunya Labengki yang juga menjadi salah satu segitiga berlian pariwisata di Konawe Utara bersama Pantai Taipa dan Permandian Air Panas Wawolesea," kata Ruksamin.

Ia mengatakan, Desa Labengki yang kaya akan potensi baik potensi wisata, kelautan dan perikanan menjadi satu-satunya wakil Sultra yang berhasil masuk dalam 15 Besar peringkat terbaik kategori I bersama 14 desa lainnya dari seluruh Indonesia dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Dalam Desa Wisata Nusantara tahun 2023, Kata bupati, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan membagi Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 menjadi 2 kategori yaitu 15 Besar Kategori I : Desa Sangat Tertinggal/Tertinggal/Berkembang dan 15 Besar Kategori II Desa Maju/Mandiri.

Ruksamin berharap, ditetapkannya Labengki menjadi satu-satunya Desa Wisata yang ada Sultra dalam Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023, dapat menstimulus desa -desa lainnya untuk menggali dan memunculkan potensi yang ada di desanya, agar tercipta masyarakat desa yang sejahtera dan berdaya saing.

Labengki memiliki keindahan alam yang eksotis. Pulau yang disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat itu sangat memanjakan mata wisatawan karena memiliki berbagai spot menarik.

Kadis Pariwisata Sultra Belli Tombili mengungkapkan, beberapa keindahan yang terdapat di pulau Labengki, antara lain blue lagoon yang menampakkan keindahan air berwarna hijau dikelilingi oleh bebatuan dan twin lagoon memperlihatkan dua laguna yang ditengahi oleh bebatuan.

Selain itu, keindahan pantai pasir panjang di pulau tersebut juga tidak kalah menarik. Pantai tersebut terbentang panjang dengan kejernihan air laut, serta warna pasir yang putih bersih.

"Para wisatawan biasanya menghabiskan waktu di pantai tersebut dengan bersnorkeling dan membangun tenda-tenda untuk berkemah," tutur Belli.

Baca juga: BI tetapkan Pulau Labengki Kecil di Konawe Utara sebagai Desa QRIS

Baca juga: Kemenhub akan bangun dermaga dukung pariwisata di Konawe Utara

Baca juga: Melihat wisata alam "kebun di atas awan" di Konawe Utara

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023