Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Sumber Daya Air​​​​​​ Jakarta Timur memasang turap baru di Embung Pekayon di Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, yang ditargetkan selesai pada Desember 2023.
 
Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri di Jakarta, Senin, mengatakan, pemasangan turap merupakan bagian dari proses awal normalisasi embung yang dibangun di lahan seluas 1,6 hektare (ha) tersebut.
 
Pemasangan turap baru yang dilakukan sejak Juli 2023 itu sepanjang 750 meter dengan ketinggian 2,5 meter. Turap mengelilingi Embung Pekayon.
 
"Pekerjaan ini sudah dilakukan sejak 31 Juli 2023 lalu. Saat ini proses pembuatan turap embung, baru mencapai 35 persen dan target selesai pada pertengahan Desember," kata Saugi.

Baca juga: Pemkot Jaktim buat embung untuk antisipasi banjir di Ciracas
Baca juga: Pemkot Jaktim kosongkan embung dan waduk sebagai mitigasi banjir
 
Pemasangan turap menggunakan bahan konblok berlubang yang bisa ditanami rumput (grass box) agar lebih kokoh. Untuk pondasi, turap menggunakan pondasi yang dibangun secara manual (strauss pile) dengan kedalaman tiga meter dan jarak empat meter.
 
Di sekitar Embung Pekayon, dibuat enam titik pemancingan di sekeliling embung. Selain itu, Suku Dinas (Sudin) SDA akan memfasilitasi sarana olahraga bagi warga.
 
Pihaknya membuat enam titik area pemancingan di sekeliling embung. Selain itu juga sedang dibangun area jalur jalan kaki (jogging track) di sisi timur embung sepanjang 200 meter menggunakan material beton dengan penambahan desain, tekstur dan warna (stamp concerete).

"'Jogging track' dibuat bertahap, tahun ini dibangun di sisi timur, nanti di sisi barat," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023