Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya resmi melepas pemain asingnya Ze Valente ke Persik Kediri dengan status pinjaman untuk putaran kedua Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

"Persebaya, Persik dan Ze Valente telah mencapai kesepakatan untuk peminjaman pemain asal Portugal tersebut. Persebaya mengucapkan terima kasih atas kontribusi Valente selama ini," tulis akun akun Instagram resmi klub @officialpersebaya, Selasa.

Menurut situs pemain Transfermarkt, pemain asal Portugal tersebut sudah bermain sebanyak 29 kali atau 2.433 menit bermain bersama Persebaya, dengan total enam gol dan sembilan asist dari putaran kedua musim 2022/2023 hingga putaran pertama 2023/2024.

Persebaya menggaet pemain yang memiliki nama lengkap Jose Pedro Magalhaes Valente itu dari klub asal Yogyakarta, yakni PSS Sleman pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022/2023.

 Baca juga: Persebaya datangkan sejumlah pemain baru pada putaran kedua Liga 1

Ze menggantikan posisi Higor Vidal sebagai playmaker yang diharapkan bisa meningkatkan performa Persebaya pada putaran kedua Liga 1.

Pemain kelahiran 14 Mei 1994 itu merupakan pilihan dari pelatih Persebaya sebelumnya yakni Aji Santoso yang membutuhkan skillnya untuk mengangkat peforma tim, terutama di gelandang serang.

Sebelumnya, klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut juga meminjamkan sejumlah pemainnya ke Liga 2 Indonesia, diantaranya Ferdinand Sinaga ke Persiraja Banda Aceh, Denny Agus ke Deltras FC, Risky Dwiyan ke Persiba dan Brylian Aldama ke PSCS Cilacap.

Namun ada juga pemain yang dilepas, yakni Alwi Slamat, George Brown, Nuri Fasya, Salman Al Farisi, Yohanes Kandaimu dan Sho Yamamoto.

Sementara, Persebaya juga mendatangkan sejumlah pemain untuk mengarungi putaran kedua, diantaranya Yan Victor, Michael Tata, Roy Ivansyah, Chandra Waskito, Alfan Suaib, Paulo Henrique dan yang terbaru ialah pemain asal Brasil Robson Duarte.

Klasemen sementara Liga 1, Persebaya menempati posisi 13 dengan total poin 22 dari 19 pertandingan.

Dalam laga selanjutnya, Persebaya akan menghadapi PSIS Semarang yang rencananya di gelar di Stadion GBT Surabaya, pada 23 November 2023.

Baca juga: Valente apresiasi pemain Arema FC meski bermain imbang kontra Persita
Baca juga: Dua asisten pelatih anyar Arema FC siap tingkatkan kemampuan pemain

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023