Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 300 peserta mulai dari PAUD, TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI), hingga Madrasah Tsanawiyah (MTs), mengikuti lomba melukis dan mewarnai Masjid Al Aqsa dalam rangka Semarak Bulan Solidaritas Palestina di Kabupaten Lampung Selatan, Selasa.

Ketua Bulan Solidaritas Palestina 2023 Wilayah Lampung Wahyu Adi Saputra di Natar, Lampung Selatan, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut berlangsung di Masjid An Nubuwwah, Kompleks Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al Fatah Lampung.

"Kegiatan ini diikuti sekitar 300 peserta santri yang pertama dari Pondok Pesantren Al Fatah, yang kedua ada beberapa sekolah yang juga mengirimkan delegasinya untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut," kata dia.

Baca juga: Gerakan solidaritas Palestina bagi semangka gratis di pantai Penajam

Melalui lomba ini, diharapkan siswa-siswi yang turut serta dapat membawa pesan kepedulian dan semangat solidaritas kepada teman-teman sebayanya serta kepada masyarakat yang membutuhkan dukungan di Palestina.

"Anak-anak berlomba mewarnai dan ada empat kategori dalam perlombaan ini, yang pertama tingkat usia PAUD, kemudian TK, MI atau SD, dan MTs serta MA," katanya.

Perlombaan tersebut, menurut dia, tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi lebih sebagai wadah untuk menumbuhkan rasa kecintaan kepada warga Palestina yang sedang mengalami penderitaan akibat serangan yang terus menerus dilancarkan oleh zionis Israel.

"Tujuannya bukan hanya sekedar mereka mencari juara atau untuk jadi pemenang dalam perlombaan, tapi lebih memperkenalkan Palestina dan Masjid Al Aqsa," ujarnya.

Menurut dia, anak-anak tidak bisa mencerna permasalahan politik maupun ideologi agama yang melatarbelakangi Taufan Al-Aqsa. Maka, cara tepat menjelaskan kepada anak-anak adalah melalui hal-hal yang terdekat dengan mereka, salah satunya menggambar.

Baca juga: Menag terbitkan edaran aksi solidaritas-doa bersama untuk Palestina

Baca juga: Ratusan warga Gorontalo gelar aksi solidaritas untuk Palestina


"Kegiatan ini sebetulnya masih dalam rangkaian Bulan Solidaritas Palestina 2023, seperti waktu konvoi di Kalianda," ujar dia.

Sebelumnya, para peserta Bulan Solidaritas Palestina 2023 Wilayah Lampung menggelar aksi damai di Masjid Bank Syariah Indonesia (BSI) di kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) Lampung Selatan, dan hari ini menggelar lomba melukis masjid Al Aqsa di Kecamatan Natar.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023