Kami menyiapkan alat pendukung berupa 3 unit gardu bergerak dengan total kapasitas 900 kilovolt ampere
Jayapura, Papua (ANTARA) -
PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat menyiapkan tiga unit gardu bergerak guna mendukung sistem kelistrikan saat ajang Sail Teluk Cenderawasih (STC), yang berlangsung 21-27 November 2023 di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono dalam siaran pers di Jayapura, Papua, Rabu, mengatakan dengan tiga unit gardu bergerak itu, pihaknya menjamin sistem kelistrikan selama kegiatan tersebut berjalan lancar.
 
"Kami menyiapkan alat pendukung berupa 3 unit gardu bergerak dengan total kapasitas 900 kilovolt ampere (KVA)," katanya.
 
Menurut Budiono, selain gardu, pihaknya juga menyiapkan sembilan unit genset berkapasitas 900 kW.
 
"Lalu ada tiga uninteruptible power supply (UPS) dengan total kapasitas 310 kVA serta sebuah unit kabel dan kubikel bergerak (UKKB)," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga melakukan pengamanan kelistrikan dengan memberlakukan masa siaga kelistrikan sejak Juni 2023, sehingga PLN memastikan akan memasok listrik tanpa kedip dengan mengerahkan puluhan personel agar festival berjalan lancar.
 
"Kami mengerahkan 99 personel untuk itu PLN siap menjadi garda terdepan untuk mengawal kesuksesan salah satu event nasional ini," katanya lagi.
 
Dia menambahkan persiapan SCT ini dilakukan selama enam bulan untuk membangun dan memperkuat beberapa infrastruktur jaringan.
 
"Kami juga menyiapkan empat lapisan skema pasokan untuk satu lokasi venue, tiga lapisan skema pasokan dua lokasi, dan dua lapisan skema pasokan untuk sembilan lokasi," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Biak Numfor pastikan 11 kedubes hadiri STC Biak
Baca juga: STC Biak berdampak ekonomi bagi warga lokal dan sektor infrastruktur
Baca juga: Pemkab Biak: 145 pelaku UMKM mendaftar ikut Pameran Kuliner STC 2023

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023