Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih 140 medali sekaligus menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII di Kalimantan Selatan.
 
"Syukur Alhamdulillah atas prestasi yang sudah ditorehkan, dicapai atlet-atlet DKI Jakarta di POMNas ke-18 tahun 2023 yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan dengan torehan total sebanyak 140 medali," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Andri Yansyah di Jakarta, Kamis.
 
Dengan prestasi tersebut, DKI Jakarta menjadi juara umum ke-18 kali dalam ajang POMNas. Kali ini kontingen DKI Jakarta berhasil mendapatkan 68 emas, 34 perak dan 38 perunggu.

DKI Jakarta juga menjadi juara umum di lima cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu renang, catur, silat, karate dan bulu tangkis.

Baca juga: DKI Jakarta raih 140 medali di POMNas XVIII
 
Andri mengapresiasi seluruh tim hingga orang-orang di balik layar yang turut mendukung prestasi para atlet dalam POMNas seperti orang tua atlet, pelatih, asisten pelatih, tim dokter, psikolog dan tim pendukung lain yang tidak terlihat.

Andri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, para asisten dan deputi serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang turut mendukung kontingen DKI Jakarta.
 
"Tidak kalah penting saya sampaikan terima kasih kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi E dan Legislator DPRD DKI Jakarta," katanya.

Terima kasih juga disampaikan kepada seluruh warga Jakarta yang telah mendoakan dan mendukung atlet-atlet DKI Jakarta sehingga kembali menjadi juara umum di POMNas.

Baca juga: Atlet Bulu Tangkis DKI raih empat medali emas di POMNas Kalsel

Ketua Kontingen DKI Jakarta yang juga Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) DKI Jakarta Abdul Sukur bersyukur dan bangga atas prestasi yang berhasil diraih atlet-atlet muda Jakarta dalam POMNas XVIII.
 
"Alhamdulillah, prestasi ini bisa diraih atas dukungan luar biasa dari Pemprov DKI, Pak Pj Gubernur, Pak Kadispora dan yang lainnya kepada Bapomi. Semoga prestasi juara umum bisa terus kita pertahankan dengan raihan medali yang semakin banyak di POMNas mendatang," katanya.
 
Penutupan POMNas XVIII berlangsung di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. POMNas XVIII berlangsung pada 12-22 November 2023.
 
Kompetisi olahraga mahasiswa se-Indonesia tahun ini mengusung tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginsipirasi" dengan semboyan (tagline) "POMNAS Berprestasi, Indonesia Unggul".

POMNas XVIII mempertandingkan 16 cabang olahraga dengan 209 nomor diikuti oleh 2.717 mahasiswa dari 34 provinsi di Indonesia.
Baca juga: Menpora buka POMNAS XVIII Kalsel

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023