Banjarbaru (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Rabu malam, membuka secara resmi perhelatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan diikuti sebanyak 2.717 atlet dari 36 provinsi.

"Saya apresiasi Kalsel mampu menjawab amanah sebagai tuan rumah POMNAS yang malam ini digelar pembukaannya sangat meriah dihadiri seluruh kontingen," kata Dito di Banjarbaru saat menyampaikan sambutannya.

Dito mengaku kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Kalsel tidaklah keliru.

Bahkan tuan rumah berani menambah dua cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu pencak silat dan gulat sehingga totalnya menjadi 16 cabang olahraga sebelumnya hanya 14 cabang ketika POMNAS XVII di Sumatera Barat.

Menurut dia, prestasi olahraga bagi mahasiswa sangatlah penting dan strategis karena memiliki dua keunggulan selain wujud pendidikan karakter dengan nilai-nilai sportivitas.

Pertama mahasiswa berada pada usia keemasan sehingga prestasi yang diraih bisa optimal dalam karier sebagai atlet, di samping menjalani studi akademik di kampus.

Kemudian mahasiswa memiliki daya nalar tinggi sehingga dapat memecahkan berbagai permasalahan lebih cepat dan akurat.

Dito menginginkan kedepannya mahasiswa berprestasi di bidang olahraga bisa menerima semacam insentif seperti penghitungan untuk Satuan Kredit Semester (SKS) dan bentuk apresiasi lainnya.

Sementara Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin mengatakan, para juara di POMNAS kali ini bisa mendapatkan kesempatan menjadi kontingen Indonesia di ASEAN University Games (AUG) XXI 2024 yang menjadikan Jawa Timur sebagai tuan rumah.

"Jadi cetaklah prestasi di POMNAS untuk bisa terpilih di kompetisi olahraga mahasiswa se-ASEAN," ucapnya.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri dalam laporannya selaku panitia menyampaikan total ada lebih dari 5.000 orang datang ke Kalsel selama POMNAS sehingga memberikan efek ganda bagi peningkatan beragam sektor ekonomi.

Alim menyebut totalitas dukungan yang telah diberikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sangat menentukan kesuksesan POMNAS hingga bisa terlaksana dengan sangat baik.

Begitu juga Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi bersama unsur forkopimda lainnya telah berkomitmen penuh mengawal jalannya POMNAS sejak persiapan hingga kini benar-benar terwujud.

"Perkenankan juga saya mengucapkan terima kasih kepada Mendikbudristek dan Menpora atas kepercayaannya kepada Kalsel untuk menjadi tuan rumah," ujarnya.

Kontingen Kalimantan Selatan saat defile pada pembukaan POMNAS XVIII tahun 2023 di Banjarbaru. (ANTARA/Firman)
Seremonial pembukaan POMNAS di halaman kantor Sekretariat Daerah Kalsel itu ditandai pelepasan busur panah oleh Gubernur Kalsel dan Menpora yang kemudian memercikkan terjadinya pesta kembang api.

Setelah defile kontingen dari 36 provinsi berakhir, penampilan apik dari Putri Ariani seorang penyanyi dan penulis lagu penyandang tunanetra penuh prestasi menutup seluruh rangkaian acara.

Baca juga: POMNAS XVIII Kalsel perebutkan 1.397 keping medali 
Baca juga: Menpora minta promosi POMNAS dimasifkan
Baca juga: POMNAS kembangkan minat mahasiswa dalam bidang olahraga


Pewarta: Firman
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023