Banjarbaru (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan memperoleh 68 medali emas, 34 perak dan 38 perunggu.

"Selamat bagi DKI Jakarta telah berhasil mempertahankan status juara umum POMNAS setelah pada POMNAS di Sumatera Barat juga keluar sebagai yang terbaik," kata Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri dalam sambutannya di Auditorium ULM di Banjarbaru, Rabu.

Dia juga mengaku bangga atas prestasi tuan rumah Kalsel yang pada POMNAS kali ini memberikan kejutan besar dengan duduk di peringkat enam dari 34 provinsi.

Kalsel mengumpulkan delapan medali emas, tujuh perak dan 27 perunggu yang menjadikan tuan rumah menempati posisi klasemen terbaik dibandingkan provinsi lainnya di pulau Kalimantan.

"Alhamdulilah ini menjadi sejarah sendiri bagi Kalsel di ajang POMNAS, bahkan pada POMNAS sebelumnya hanya mampu berada di peringkat 22 dari 34 provinsi dengan meraih satu medali perak dan tujuh perunggu," ujarnya.

Sementara itu Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Kalsel Muhammad Rusmin Nuryadin mengakui prestasi tuan rumah jauh melampaui target.

Dia menyebut dari awal Kalsel hanya menargetkan sukses sebagai penyelenggara dan prestasi lebih baik dari POMNAS sebelumnya.
Ketua BPTI Asep Sukmayadi bersama 10 besar kontingen terbaik POMNAS XVIII. (ANTARA/Firman)


Pada kesempatan itu, Rusmin selaku ketua pelaksana POMNAS XVIII menyerahkan laporan penyelenggaraan POMNAS Kalsel kepada Kapusdiklat Pegawai Kemendikbudristek RI Mustangimah.

Setelah itu, dia mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyerahkan penghargaan kepada Rektor ULM, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan perwakilan juri dan wasit.

Selanjutnya pemberian penghargaan kepada 10 besar kontingen pemenang POMNAS Kalsel XVIII 2023 oleh Ketua BPTI Asep Sukmayadi.

Adapun peraih 10 besar yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Jawa barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali.

Baca juga: Menpora buka POMNAS XVIII Kalsel
Baca juga: Kalimantan Selatan diperkuat 260 atlet di POMNAS 2023 
Baca juga: Bapomi Jambi berangkatkan 42 atlet pada Pomnas 2023
Baca juga: POMNAS XVIII Kalsel perebutkan 1.397 keping medali 

Pewarta: Firman
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023