Jakarta (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta meraih ratusan medali dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) 2023 di Kalimantan Selatan sehingga mampu mempertahankan gelar juara umum.
 
"Atas nama Pemprov DKI Jakarta kami mengucapkan rasa bangga kepada para atlet serta ofisial yang telah sukses menampilkan penampilan terbaik. Kami bangga kepada seluruh kontingen DKI Jakarta yang mendapatkan 140 medali dalam POMNas XVIII pada 12-22 November 2023," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Senin.

Heru menjelaskan, total personel yang terlibat dalam kegiatan itu mencapai 450 orang.

​​​​​​​Heru menyebut, keberhasilan ini perlu menjadi hal yang patut dibanggakan, karena berhasil mempertahankan gelar juara umum.

Hal ini juga bisa menjadi contoh teladan bagi siapapun dalam menjaga semangat juang serta sportivitas anak muda.

Baca juga: DKI raih juara umum POMNas XVIII
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan, POMNas merupakan agenda tingkat nasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh atlet mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pada 2023, kegiatan berpusat di Banjarmasin dan mempertandingkan 16 cabang olahraga.
 
Cabang olahraga (cabor) yang dimainkan yaitu atletik, bola basket, bulu tangkis, bola voli pasir, bridge, catur, futsal, gulat, karate, kempo, panjat tebing, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tenis.
 
"Kami dalam perhelatan ke-18 ini berhasil mempertahankan gelar juara umum, dengan perolehan 68 medali emas, 34 medali perak, dan 38 medali perunggu," ujar Andri. 
 
Salah satu atlet kontingen DKI Jakarta, Dhea Febrina Bangun (21) dari cabang olahraga futsal putri mengungkapkan, kemenangan timnya diraih melalui kerja keras semua pihak.

Baca juga: Pemprov DKI beri penghargaan atlet peraih medali POPNAS XVI 2023

Ia merasa senang karena berhasil membanggakan Jakarta.
 
"Jadi, kami selama dua bulan sebelum berangkat ke Kalimantan Selatan, fokus dalam menjaga ketahanan fisik, memperkuat mental bertanding, serta memahami strategi yang telah disampaikan pelatih. Alhamdulillah kami meraih juara pertama untuk kategori putri dari cabor futsal," ucap Dhea.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024