Banjarmasin (ANTARA) - Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku tuan rumah diperkuat sebanyak 260 atlet di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII  2023 yang berlangsung selama 11 hari dari 12 hingga 22 November 2023 mendatang.

"260 atlet ini berasal dari 31 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Kalsel," kata Ketua Pelaksana POMNAS XVIII Kalsel Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Sabtu.

Adapun kampus yang menjadi penyumbang atlet terbanyak yaitu Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 81 atlet dan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin 80 atlet.

Kemudian Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) 21 atlet, Politeknik Negeri Tanah Laut 12 atlet dan STMIK Banjarbaru 10 atlet.

Rusmin menyebut kontingen Kalsel mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan.

Ada 16 cabang olahraga pada POMNAS kali ini yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir.

Rusmin yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM mengatakan sebagai tuan rumah pihaknya menargetkan masuk 10 besar dengan beberapa cabang unggulan di antaranya gulat, taekwondo, kempo, karate dan bridge.

Diketahui seremonial pembukaan POMNAS yang diikuti 3.000 atlet dari berbagai perguruan tinggi seluruh provinsi di Indonesia direncanakan berlangsung pada 15 November 2023 di lapangan apel gedung Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.


Baca juga: Bapomi Jambi berangkatkan 42 atlet pada Pomnas 2023
Baca juga: Unpatti kirim 14 atlet ke Pomnas Banjarmasin 2023
Baca juga: USK siap jadi tuan rumah POMNAS 2025

Pewarta: Firman
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023