Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa kemitraan Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) yang telah terjalin sejak tahun 1976 berperan penting dalam mendukung pembangunan di Indonesia.

Tahun lalu, UEA menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia di antara negara-negara Timur Tengah lainnya dengan total perdagangan 5,06 miliar dolar AS. Selain itu, UEA telah menjadi salah satu pasar utama bagi Indonesia, dengan minyak sawit (CPO) menjadi komoditas ekspor terpenting.

“Sebagai mitra investasi strategis Indonesia di Timur Tengah, kerja sama Indonesia dan Uni Emirat Arab memegang peranan penting dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Salah satu perjanjiannya yakni proyek PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 November 2023,” kata Menko Airlangga dalam acara The 52nd National Day Reception of The United Arab Emirates di Jakarta, Jumat.

Menko Airlangga mengatakan bahwa kerja sama tersebut menunjukkan komitmen kedua negara di bidang energi terbarukan. Di samping itu, masih terdapat ruang yang luas untuk upaya bersama dalam meningkatkan volume perdagangan dan menjaga keseimbangan perdagangan.

Lebih lanjut, perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-UEA (IUAE-CEPA) yang telah ditandatangani pada 1 Juli 2022 lalu dan telah diterapkan sejak 1 September 2023 diharapkan dapat meningkatkan ekspor ke UEA sebesar 4,2 miliar dolar AS dan meningkatkan impor dari UEA sebesar 4 miliar dolar AS pada 2030.

Kedua negara berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang lebih kuat dan lebih luas, terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, industri pertahanan, dan energi terbarukan.

“Saya juga senang bahwa Uni Emirat Arab telah dianugerahkan sebagai Mitra Dialog Sektoral ASEAN pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-55 pada tanggal 3 Agustus 2022 di Phnom Penh, Kamboja, di mana Uni Emirat Arab juga menandatangani Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara, Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia,” ujar Menko Airlangga.

Di tingkat global, kedua negara juga memainkan peran penting dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

“Sebagai penutup, izinkan saya sekali lagi dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk perayaan Hari Nasional Uni Emirat Arab ke-52 ini, seiring kita terus memperkuat ikatan antara kedua negara di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Baca juga: Puan apresiasi dukungan UEA dan Australia bangun IKN Nusantara

Baca juga: RI-UEA teken kerja sama pengembangan industri pertahanan

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023