Jakarta (ANTARA) - Pembalap Luca Marini dikonfirmasi akan mengakhiri kebersamaan bersama Mooney VR46 Racing Team pada akhir kompetisi MotoGP musim ini setelah enam musim bersama.
 
Dikutip dari rilis yang diterima, Sabtu, Direktur Tim Mooney VR46 Alessio Salucci mengatakan merupakan sebuah kebanggaan bisa bekerja sama dengan salah satu pembalap bertalenta seperti Luca Marini.
 
"Luca adalah seorang profesional yang tidak ada tandingannya, seorang teknisi, seorang penggila sejati sebelum menjadi seorang pembalap, dan kemudian menjadi seorang pekerja yang hebat," ungkap Salucci.
 
"Sangat disayangkan untuk membiarkannya pergi, dia akan menjadi lawan yang sangat tangguh di masa depan, namun peluang seperti ini terlalu penting untuk tidak dipertimbangkan dan saya dengan tulus mendoakan yang terbaik serta keberuntungan untuknya, bersama dengan seluruh tim," pungkasnya.
 
Sementara itu, Luca Marini mengatakan tim Mooney VR46 sangat berjasa untuk kariernya, terlebih mereka sudah enam musim bersama sejak pembalap asal Itaia itu berlaga di Moto2.
 
Marini mengakui GP Valencia akan menjadi balapan terakhirnya bersama Mooney VR46 dan telah mempertimbangkan keputusan ini dengan matang.
"Saya meninggalkan tim fantastis yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan pengetahuan saya tentang aspek teknis dan kompleksitas yang menjadi ciri olahraga jenis ini. Saatnya untuk menempuh jalan baru dengan antusias, tanpa menyangkal apa yang telah terjadi, namun dengan mata terfokus pada masa depan," ungkap Marini.
 
Menurut laman resmi MotoGP, Marini akan melanjutkan kariernya bersama Tim Repsol Honda namun hingga kini belum ada konfirmasi dari kedua belah pihak.
 
Marini diperkirakan digaet oleh Repsol Honda untuk menggantikan pembalap Marc Marquez yang akan hengkang pada 2024.
 
Selama membela Mooney VR46, Marini tercatat sudah mengamankan 888 poin (533 di Moto2, 355 di MotoGP) serta total meraih enam kemenangan (Moto2), 17 podium (2 MotoGP), 7 pole positions, 4 Sprint Podium, dan 109 balapan (termasuk GP Valencia).

Baca juga: Pedro Acosta tak sabar untuk debut di MotoGP tahun 2024
Baca juga: Rins ungkap kondisi pascacedera membaik tapi masih butuh pemulihan

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023