Jakarta (ANTARA) - Pembalap Luca Marini menargetkan meraih podium atau kemenangan perdana bersama tim balap Honda (HRC) di ajang MotoGP musim 2024.

“Saya ingin memulai dengan pikiran terbuka, kami perlu memahami kecepatan, potensi setelah uji coba, lalu menemukan keseimbangan dan strategi untuk kompetitif. Itu tujuan pertama saya,” ungkap Marini, dikutip dari keterangan resmi HRC, Kamis.

“Saya juga ingin meraih podium dengan motor ini atau meraih kemenangan. Saya tahu ini mungkin akan sulit, tapi kami harus melihat ke depan,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Marini hengkang dari tim satelit Ducati VR46 dan beralih ke tim pabrikan Honda untuk musim ini. Ia akan menunggangi motor RC213V bersama rekan satu timnya Joan Mir.

Pembalap asal Italia itu mengisi kursi yang ditinggalkan oleh Marc Marquez yang beralih ke tim Gresini Racing bersama adiknya Alex Marquez.

“Saat itu, saya mencoba menemukan cara untuk mendekati proyek baru ini dan berkembang bersama, serta mencoba membangun motor dan performa yang lebih baik untuk kembali dan memenangkan balapan serta memenangkan gelar dunia,” jelas Marini.

Adik dari legenda MotoGP Valentino Rossi itu menambahkan, dirinya cukup percaya diri bisa mengarungi musim yang positif bersama tim pabrikan asal Jepang tersebut tahun ini.

“Saya rasa kita punya kekuatan untuk bangkit kembali dalam waktu dekat. Saya akan mencoba memberikan semua masukan dan energi saya untuk proyek ini,” kata Marini.

“Saya yakin kami akan menemukan arah yang benar sehingga kami akan memiliki kekuatan untuk tetap berada di puncak selama bertahun-tahun,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: HRC bawa semangat baru demi siap hadapi MotoGP 2024

Marini pun telah melakoni uji coba pertama bersama HRC di Valencia, tak lama setelah balapan final musim 2023 pada November 2023.

Ia mengaku senang bisa mengendarai motor pabrikan dan yakin tim telah dan akan bekerja keras untuk mengembangkan performa motor.

“Saya memiliki perasaan yang sangat baik. Saya menyukai budaya kerja (di tim) sehingga kita dapat memiliki sinergi yang sangat baik,” kata Marini.

Sementara itu, setelah uji coba pertama, sesi uji coba MotoGP 2024 kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari.

Musim mendatang pun akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: Bagnaia refleksikan perjalanan tahun 2023 lewat dokumenter pendek
Baca juga: Marquez nantikan uji coba mesin bersama Gresini pada Januari 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024