Denpasar (ANTARA) - Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska menyatakan keinginannya untuk lebih banyak mengadakan kerja sama dengan Indonesia di berbagai sektor saat membuka Poland Festival 2023 di Sanur, Bali, Sabtu.

"Di sini saya menemukan masyarakatnya mirip dengan Polandia yakni penuh semangat, kreatif dan saya pikir perlu lebih banyak bisnis dan investasi di bidang energi, IT dan maritim untuk ke depannya," kata dia saat menjawab pertanyaan wartawan terkait peluang kerja sama antara Indonesia dan Polandia.

Beata mengatakan Polandia sebagai salah satu negara besar di Eropa Tengah selama ini sudah menjalin kerja sama dengan Indonesia terkait beberapa hal seperti misalnya berbagai jenis makanan dan minuman yang ditampilkan dalam Poland Festival 2023.

Menurutnya, bukan tidak mungkin ke depan pihaknya akan melakukan kerja sama di bidang hospitality dengan kolaborasi dengan mitramitra strategis di tingkat lokal maupun nasional khusus untuk mendukung pariwisata di Bali.

Poland Festival 2023 yang diselenggarakan di Bali berjalan berkat kerja sama Investasi dan Perdagangan Polandia melalui Kantor Perdagangan Luar Negerinya dengan Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Polish Business Club, dan Organisasi Pariwisata Polandia.

Festival itu sebagai ajang untuk merayakan sekaligus memperkenalkan budaya Polandia kepada masyarakat Indonesia.

"Ini alasan kenapa saya di sini tentu karena potensi besar kerja sama antar kedua negara. Saya harap Poland Festival membuahkan hasil yang lebih banyak," kata Beata.

Sementara itu, Wakil Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia Cezary Filipek yang hadir saat itu mengatakan Poland Festival kali ini mempromosikan berbagai produk makanan, minuman, kosmetik, hingga budaya Polandia.

Setidaknya ada 18 produk Polandia yang dipamerkan dalam festival tersebut yang meliputi makanan, minuman, kosmetik dan lainnya. Selain di Bali, Poland Festival 2023 juga diadakan di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

“Kami memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam berbagai aspek, termasuk kepada Indonesia, sebagai salah satu pemimpin di Asia Tenggara. Ada potensi besar dalam bidang perdagangan dan investasi,” kata Cezary.

Dia mengatakan Poland Festival 2023 sebagai ajang memperkuat kerja sama antara dua negara, Polandia dan Indonesia.

Selain itu, tujuan lainnya adalah memperkenalkan konsumen Indonesia dengan produk-produk Polandia yang berkualitas tinggi, membuka peluang bisnis kepada importir, distributor, dan retailer Indonesia serta mempromosikan negara Indonesia sebagai tujuan bisnis dan investasi yang sangat potensial.

Bali dipilih menjadi kota keempat terselenggaranya Poland Festival 2023 karena Bali memiliki destinasi wisata yang sangat luar biasa dan dinilai mudah untuk mempromosikan produk dari Polandia.

Poland Festival 2023 yang diadakan di Grand Lucky Sanur, Denpasar itu menampilkan berbagai produk makanan dan minuman, kegiatan itu dirangkaiakan dengan kuis berhadiah, poland flash course, food tasting untuk menarik perhatian dari pengunjung.

Cezary mengatakan ada beberapa projek yang dilakukan chef Indonesia dan Polandia yang membuktikan adanya kolaborasi antar kedua negara di bidang usaha lokal seperti misalnya mereka menciptakan masakan Indonesia-Polandia dengan melibatkan rempah-rempah yang ada di Indonesia.

"Ini merupakan hal yang sangat penting jika kita menyadari bahwa rempah-rempah di Indonesia merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Jadi ini merupakan salah satu contoh bahwa kolaborasi ini sangat penting," katanya.

"Kami mau bekerja sama dengan Indonesia. Dan juga dalam bidang investasi, jika kalian melihat Bali itu sendiri, semakin banyak wisatawan dan investor yang datang untuk bisnis perhotelan," kata dia menambahkan.

Baca juga: Dubes Polandia: Hubungan dengan Indonesia semakin erat
Baca juga: Kunjungi SRIT, Dubes RI untuk Polandia berbagi inspirasi
Baca juga: Dubes bidik 1.000 pelajar Indonesia belajar di Polandia pada 2025

 

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023