Dengan demikian Saudara Hendar dipilih menjadi Deputi Gubernur menggantikan Muliaman D Hadad,"
Jakarta (ANTARA News) - Komisi XI DPR RI memilih Hendar menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2013--2018 menggantikan Muliaman D Hadad dalam rapat internal yang digelar Senin malam.

Hendar yang menjabat sebagai asisten Gubernur BI itu terpilih melalui voting setelah tidak ada kesepakatan antaranggota Komisi XI.

Dari 48 Anggota Komisi XI yang memberikan suara, 24 suara memilih Hendar, 18 suara memilih Treesna W Suparyono, dan 5 suara memilih Mulya Siregar, sementara itu satu suara tidak sah.

"Dengan demikian Saudara Hendar dipilih menjadi Deputi Gubernur menggantikan Muliaman D Hadad," kata Ketua Komisi XI DPR RI Emir Moeis.

Hendar adalah pria kelahiran Bandung 1957 yang meraih gelar Sarjana Ekonomi Universitas Padjajaran. Ia juga meraih gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar Doktor bidang ekonomi Universitas Padjajaran.

Hendar memulai karir di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.

Hendar sebelumnya juga pernah bersaing memperebutkan kursi Dewan Gubernur BI pada Maret lalu, namun kalah dari Perry Warjiyo.
(C005/N002)

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013