"Pelantikan ini merupakan tindak lanjut Keputusan Mendagri nomor 100.2.1.3-6121 tahun 2023 tentang pengesahan pengangkatan Bupati Koltim,"
Kendari (ANTARA) - Penjabat atau Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto resmi melantik Abdul Azis sebagai Bupati Kolaka Timur (Koltim) definitif di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra.
 
 
"Pelantikan ini merupakan tindak lanjut Keputusan Mendagri nomor 100.2.1.3-6121 tahun 2023 tentang pengesahan pengangkatan Bupati Koltim," kata Pj Gubernur Sultra Andap saat melantik Abdul Azis, Senin.

 
 
Andap berpesan kepada Bupati Koltim yang baru saja dilantik itu agar terus menjadikan amanah dan promosi jabatannya sebagai ladang pengabdian bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

 
 
"Tidak semua orang mendapat kesempatan menjadi pejabat, khususnya pemimpin. Jadilah pemimpin yang bukan hanya terpilih, tetapi terpanggil. Terpanggilah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat di daerah yang saudara pimpin," ucap Andap.

 
 
Ia juga berharap agar Bupati Koltim tersebut dapat bekerja dengan kesungguhan, keikhlasan, dan semangat untuk berjuang mewujudkan terpenuhinya hak konstitusional rakyat di wilayah Kabupaten Kolaka Timur.

 
 
"Kita bukan pemimpin yang obral janji, tapi tunjukkan komitmen dan langkah nyata kita sebagai seorang Pemimpin yang berjuang untuk terpenuhinya hak-hak rakyat," ujarnya.

 
 
Andap menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memastikan seluruh kebijakan dan program pembangunan daerah dapat terharmonisasi dengan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi, khususnya untuk lima bidang kesejahteraan rakyat sesuai amanat Presiden Republik Indonesia.

 
 
"Penuhi hak-hak rakyat sesuai amanat konstitusi, Pertama, sandang pangan papan. Kedua, pendidikan & kebudayaan. Ketiga kesehatan, pekerjaan, dan jaminan sosial. Keempat kehidupan sosial, perlindungan hukum dan HAM. Dan terakhir, kelima yakni infrastruktur dan lingkungan hidup yang baik," ujar Andap.

 
 
Ia juga menginstruksikan untuk Bupati Koltim untuk segera berkoordinasi agar mematangkan APBD 2024 di wilayahnya.

 
 
"Matangkan aspirasi dari rakyat yang anggarannya membutuhkan dukungan dari APBD Provinsi Sultra. Saya juga mohon bantuan kepada KPK dan aparat penegak hukum lainnya untuk membantu mengawasi dan juga mengawal pembahasan APBD Provinsi dan APBD kabupaten/kota se Provinsi Sultra," tegasnya.

 
 
Tak lupa, dia juga meminta kepada seluruh kepala daerah se-Sultra untuk bersama-sama berjuang dengan penuh rasa tanggung jawab menuntaskan amanah sebagai pimpinan daerah.

 
 
Sementara itu, Bupati Koltim Abdul Azis mengaku bahwa usai dilantik, dirinya akan langsung fokus bekerja di wilayahnya.

 
 
"Kami langsung fokus terutama pada penanganan masalah stunting, kemiskinan ekstrem dan juga agenda penting lainnya seperti Pemilu 2024," jelasnya.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023