diberikan kepada komunitas-komunitas di Bandung seperti Baznas Jawa Barat, Dompet Dhuafa Jawa Barat, Suporter Persib Bandung (Bobotoh)
Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Allianz Life Syariah (Allianz Syariah) membagikan asuransi gratis kepada komunitas-komunitas di Bandung, Jawa Barat, sebagai rangkaian program perlindungan jiwa untuk 10.000 orang yang disebar ke berbagai wilayah Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana menjelaskan asuransi tersebut merupakan produk asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amana dengan manfaat perlindungan jiwa sebesar Rp2 juta selama enam bulan yang memberikan manfaat bagi ahli waris.

“Gerakan ini diberikan kepada komunitas-komunitas di Bandung seperti Baznas Jawa Barat, Dompet Dhuafa Jawa Barat, Suporter Persib Bandung (Bobotoh), Pramuka Unit SAR Kota Bandung, Tadjimalela Mutiara Kota Bandung, Posbindu Mawar 8 Kota Bandung, dan Komunitas Pengemudi Gojek Tawakal Bandung,” jelas Permana.

Bandung dipilih sebagai salah satu sasaran gerakan asuransi gratis karena jumlah nasabah yang melebihi 13 ribu orang, salah satu kontributor tertinggi bagi Allianz di Pulau Jawa. Sementara secara keseluruhan Jawa Barat, jumlah nasabah asuransi Allianz Syariah mencapai lebih dari 72 ribu orang.

Dukungan yang diberikan Allianz Syariah juga mengacu pada upaya pemerintah Jawa Barat untuk memperkuat eksistensi dan pertumbuhan ekonomi syariah lewat Peraturan Gubernur Nomor 1 tahun 2022 tentang Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Baca juga: Allianz Life Indonesia resmi luncurkan Allianz Syariah

Baca juga: Wapres: Asuransi syariah memitigasi risiko di tengah dinamika global


Melalui regulasi tersebut, Jawa Barat dipersiapkan untuk menjadi penggerak masterplan ekonomi syariah yang telah dicanangkan oleh pemerintah nasional. Adapun salah satu sektor yang mempercepat pengembangan ekonomi syariah adalah jasa keuangan dan asuransi.

Permana mengatakan kolaborasi yang dibangun antara Allianz Syariah dengan komunitas lokal bersama pemangku kepentingan lainnya diharapkan menjadi satu langkah baik dalam meningkatkan kesadaran mengenai literasi dan penetrasi asuransi di Kota Bandung.

“Kami berharap dengan adanya gerakan asuransi gratis bagi 10.000 jiwa yang juga diperuntukkan bagi masyarakat Bandung, inisiatif ini turut mendukung pertumbuhan ekonomi syariah dengan solusi dan layanan asuransi berbasis syariah di Indonesia,” tutur dia.

Baca juga: Allianz Life yakin spin off unit syariah selesai di akhir 2023

Baca juga: Aset Allianz Syariah naik 4,3 persen jadi Rp4,26 triliun pada 2022


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023