Melihat animo masyarakat dalam bertransportasi menggunakan KA terus meningkat...
Bandung (ANTARA) - PT KAI Daop 2 Bandung memproyeksikan penumpang pada musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mengalami kenaikan sebesar 12 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Manajer Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono menjelaskan pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, jumlah tiket terjual sebanyak 178.385 buah, sementara di periode Natal dan Tahun Baru ini, Daop 2 memproyeksikan akan mengangkut sekitar 200 ribu penumpang.

"Melihat animo masyarakat dalam bertransportasi menggunakan KA terus meningkat, disamping sudah longgarnya aturan dari pemerintah, kami memproyeksikan angkutan Nataru akan mengangkut sekitar 200 ribu pelanggan atau meningkat 12 persen jika dibandingkan dengan periode sebelumnya," kata Mahendro di Bandung, Selasa.

Untuk jumlah tiket yang disediakan pada masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, lanjut dia, mengalami peningkatan sebesar tiga persen jika dibanding periode sebelumnya, yang hanya sebanyak 212.324 tiket.

Daop 2 Bandung sendiri, menyiapkan 414 perjalanan KA Jarak Jauh Reguler dan 218.376 tempat duduk selama 18 hari pelaksanaan masa angkutan natal dan tahun baru kali ini pada 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Sejak pemesanan dan penjualan tiket dibuka pada 6 November 2023 lalu, sebanyak 39.014 tiket KA keberangkatan dari stasiun wilayah Daop 2 Bandung telah terjual untuk periode keberangkatan pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Sementara ini, pemesanan tiket paling banyak untuk tanggal keberangkatan 22, 23, dan 25 Desember. Di mana pada ketiga hari tersebut, sudah terjual 40 persen dari rata-rata tiket yang disediakan setiap harinya," ucap dia.

Untuk tujuan favorit para pelanggan pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kata Mahendro, masih didominasi kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Kediri, Solo, Semarang, serta Yogyakarta.

Meski telah menyediakan 200 ribu lebih tempat duduk, ucap Mahendro, jumlah perjalanan dan tempat duduk yang disediakan masih bisa bertambah dengan rencana akan dioperasikannya beberapa KA tambahan.

"Pengoperasian KA tambahan ini tentu akan dipengaruhi beberapa faktor di antaranya ketersediaan sarana seperti lokomotif dan kereta serta animo masyarakat yang melakukan pemesanan atau pembelian tiket," ujar dia.

Sebelum membeli tiket, Mahendro mengatakan ada baiknya calon pelanggan KA perlu memperhatikan berbagai hal mulai dari menentukan jadwal perjalanan dengan baik; menggunakan saluran penjualan resmi; teliti dalam mengisi tanggal, rute, dan data diri; mempersiapkan rute dan tanggal alternatif; memeriksa ketersediaan tiket secara berkala; dan tidak membagikan kode pemesanan tiket KA sembarangan.

"Bagi calon pelanggan yang akan memesan tiket KA pada periode liburan, kami selalu mengingatkan agar teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar penumpang bisa menikmati perjalanan lebih nyaman," kata Mahendro.

Baca juga: KAI Daop 2 dan Polda Jabar koordinasi keamanan angkutan Natal 2023
Baca juga: KAI Daop 2 Bandung siapkan langkah antisipasi hadapi musim hujan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023