penyandang disabilitas harus dilatih
Medan (ANTARA) -
Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menargetkan akan memberikan pelatihan khusus kepada kaum penyandang disabilitas setempat pada 2024.

"Saya minta pelatihan-pelatihan khusus bagi disabilitas sudah diadakan di tahun depan," kata Bobby dalam peringatan Hari Disabilitas  Internasional tingkat Kota Medan 2023 di Medan, Selasa.
 
Pemerintah Kota Medan, lanjut dia, harus memberikan pelatihan kepada penyandang disabilitas, sehingga memiliki kemampuan untuk mengatasi keterbatasan mereka.
 
Data Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara pada 2019 menyebut bahwa penyandang disabilitas di Kota Medan sebanyak 248.068 jiwa.
Dengan rincian usia 60-64 berjumlah 93.267 jiwa, usia 65-69 berjumlah 69.596 jiwa, usia 70-74 berjumlah 44.007 jiwa dan di atas 75 tahun berjumlah 41.198 jiwa.
 
"Ini dilakukan agar penyandang disabilitas di Kota Medan memiliki kemampuan dan keunggulan untuk melawan keterbatasan mereka," tegas dia.
 
Wali Kota menginstruksikan kepada Dinas Sosial Kota Medan untuk memastikan lapangan pekerjaan yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas di Kota Medan saat ini.
 
"Para penyandang disabilitas harus dilatih dan diberikan pelatihan khusus serta memberikan sertifikasi dari hasil pelatihan. Sertifikasi ini dapat dilihat, dinilai dan diakui oleh pencari kerja," ungkapnya.

Baca juga: Program SMN BUMN bangkitkan semangat penyandang disabilitas
Baca juga: Pemprov Jatim fasilitasi pelatihan usaha bagi ratusan disabilitas
​​​​​
Wali Kota juga meminta kepada perangkat daerah terkait agar di 2024 memprioritaskan penyandang disabilitas mendapatkan bantuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Medan.
 
"Ini juga harus berjalan dan kita dukung agar mereka dapat melakukan kegiatan usaha yang bakal ditekuni," papar dia.
 
Ia meminta kepada Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan agar tidak hanya memberikan bantuan permodalan tetapi akan membuat program khusus bagi penyandang disabilitas.
 
Wali Kota merincikan program khusus itu harus diikuti dengan pembinaan, pelatihan, pemberian modal serta pemasaran. "Inilah yang harus kita buat bersama," paparnya.

Baca juga: Pelindo fasilitasi pelatihan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023