Akuisisi ini sejalan dengan strategi kami untuk memiliki dan mengembangkan aset-aset berkualitas tinggi yang menghasilkan kas dengan potensi pertumbuhan yang besar
Jakarta (ANTARA) - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mendapatkan persetujuan dari Kesultanan Oman untuk mengakuisisi 20 persen kepemilikan pada dua blok migas di negara tersebut.

Transaksi akuisisi tersebut diharapkan selesai pada Desember 2023.

“Akuisisi ini sejalan dengan strategi kami untuk memiliki dan mengembangkan aset-aset berkualitas tinggi yang menghasilkan kas dengan potensi pertumbuhan yang besar," kata Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Menurut Hilmi Panigoro, akuisisi akan meningkatkan produksi harian MedcoEnergi sebesar 13 MBOEPD dan berkontribusi signifikan terhadap cadangan gas dan minyak di masa depan.

MedcoEnergi akan mengakuisisi dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP), 20 persen kepemilikan atas lisensi produksi Blok 60 dan 20 persen kepemilikan atas lisensi eksplorasi Blok 48 yang keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat tengah Oman.

Blok 60 memiliki dua lapangan produksi yaitu lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul.

OQEP adalah perusahaan energi terintegrasi global yang terpusat di Oman. Perusahaan ini akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut.

OQEP saat ini mengoperasikan tiga blok minyak di Oman (8, 48 dan 60) dan berpartisipasi pada sejumlah joint ventures atau usaha patungan atas aset eksplorasi dan produksi di Oman dan Kazakhstan.

Baca juga: MedcoEnergi dukung trilema energi melalui energi baru terbarukan

Baca juga: MedcoEnergi buat langkah terukur bangun strategi bisnis berkelanjutan

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023