Program ini tidak hanya dapat terlaksana berkat dukungan perusahaan, namun juga berkat partisipasi aktif pekerja.
Jakarta (ANTARA) - Pekerja PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) membangun 10 unit rumah layak huni bagi warga kurang mampu di Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten untuk memberikan semangat keberlanjutan bagi kehidupan warga setempat dengan memiliki rumah tempat berkumpul bersama keluarga.

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menyatakan pihaknya meyakini bahwa keberhasilan perusahaan tidak hanya diukur dari pencapaian finansial semata, namun juga dari kontribusi positif yang diberikan kepada masyarakat.

”Program ini tidak hanya dapat terlaksana berkat dukungan perusahaan, namun juga berkat partisipasi aktif pekerja,” kata Hilmi dalam keterangan resminya, di Jakarta, Senin.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan hingga 2022 ada sekitar 12,71 juta backlog rumah, bahkan pertumbuhan keluarga baru meningkat 700 ribu hingga 800 ribu setiap tahunnya. Hal inilah yang mendorong pekerja MedcoEnergi bergerak untuk membantu warga mendapatkan hunian layak, katanya.

Bantuan 10 unit rumah layak huni tersebut merupakan bentuk kepedulian pekerja ikut memberikan kehidupan layak bagi warga kurang mampu.

Tak hanya itu, para pekerja juga turut berpartisipasi langsung membangun rumah tersebut. Selain itu, pembangunan hunian itu bersamaan dengan ulang tahun ke-43 MedcoEnergi, perusahaan energi yang juga mendukung akan keberlanjutan energi dan lingkungan hidup di Indonesia.

Rumah yang dibangun segenap pekerja perusahaan ini berada di Kampung Bubulak, Desa Marga Mulya, Mauk, Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Medco Foundation.

Proses pembangunan rumah layak huni telah dimulai sejak Juni lalu. Komisaris Utama MedcoEnergi Yani Panigoro, Komisaris Raimi A Panigoro, Direktur & Chief Administrative Officer Amri Siahaan, dan 100 relawan MedcoEnergi bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Habitat for Humanity Indonesia pada Sabtu (12/8), melakukan pengecatan rumah-rumah tersebut yang akan diserahkan ke warga saat perayaan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8).

Warga Desa Marga Mulya seperti Rohadi sebagai buruh tani, dan Maria, pedagang kecil, ikut mendapatkan manfaat program bantuan tersebut. Keduanya berharap rumah layak huni yang diserahkan dapat membawa kebahagiaan dan kesehatan bagi keluarganya.

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto mengapresiasi kontribusi MedcoEnergi dalam menyediakan rumah layak bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami sangat senang karena banyak warga yang dibantu untuk mendapatkan rumah layak huni. Dengan adanya rumah layak ini membantu meningkatkan kualitas hidup warga dan mendorong kehidupan yang lebih sejahtera,” ujar Susanto.
Baca juga: Kodam Pattimura rehabilitasi rumah tak layak huni milik warga Ambon
Baca juga: PUPR ingatkan komitmen bersama menuju hunian vertikal adalah keharusan

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023