semoga rumah ini membawa berkah bagi kita semua
Ambon (ANTARA) - Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura merehabilitasi rumah warga yang tidak layak huni di Desa Halong, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon.

"Bantuan bedah rumah tidak layak huni ini salah satunya kepada keluarga Tiur Elvirani Pattiradjawane seorang janda 29 tahun dengan tiga orang anak," ujar Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa di Ambon, Kamis.

Aksi sosial pembedahan rumah ini bentuk keperdulian Kodam XVI/Pattimura yang dilaksanakan dengan target pengerjaan selama 22 hari yang mulai dikerjakan sejak 22 Juli hingga 10 Agustus 2023 diresmikan.

"Hari ini, kami meresmikan rumah sekaligus memberikan kunci rumah dan modal usaha kepada Ibu tiga orang anak tersebut," katanya.

Pangdam mengatakan, Kodam XVI/Pattimura sebagai bagian dari masyarakat Maluku senantiasa menjunjung tinggi kehidupan orang basudara, saling tolong-menolong dan peduli terhadap sesama.

"Seperti pepatah yang sering kita dengarkan ale rasa neta rasa, potong di kuku rasa di daging, sagu salempeng dibagi dua," katanya.

Baca juga: Rumah warga miskin di Majene direhabilitasi lewat program TMMD
Baca juga: 1.000 pasukan TNI Satgas Rehab Rekon RTG NTB kembali barak


Ia melanjutkan hal ini merupakan wujud kepedulian, rasa empati dan rasa sayang Kodam XVI/Pattimura kepada masyarakat Maluku, khususnya kepada keluarga Ibu Tiur secara tulus dan ikhlas.

“Saya berharap, agar rumah ini dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan baik, agar masa pakainya bertahan lama. Jadikan rumah ini sebagai tempat yang nyaman untuk membentuk keluarga yang damai dan harmonis. Semoga rumah ini membawa berkah bagi kita semua," tuturnya.

Sementara itu mewakili pihak keluarga yang menerima bantuan, Semi Koritelu mengucapkan terima kasih yang mendalam dan apresiasi yang tinggi kepada Kodam XVI/Pattimura,

"Ini adalah sebuah keperdulian yang besar dari pihak TNI AD bagi kami keluarga. Kami berharap, ini bukan hal yang pertama dan terakhir tapi menjadi sebuah kesinambungan antara TNI dan rakyat, warga Desa Halong sungguh bangga TNI AD khususnya Kodam XVI/Pattimura atas kepeduliannya kepada rakyat", ucapnya.

Disamping itu selain memberikan bantuan bedah rumah Kodam XVI/Pattimura juga memberikan bantuan sebanyak 12 unit bedah rumah untuk warga kurang mampu, di wilayah Maluku sebanyak tujuh unit dan wilayah Maluku Utara sebanyak lima unit.

Baca juga: Pusat Zeni TNI AD renovasi rumah warga tak layak huni dalam 3 hari
Baca juga: TNI AL bedah rumah peraih Adhi Makayasa 2021 di Jayapura
Baca juga: Istri Kasad tengok kandang kambing dibangun jadi rumah layak huni

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023