Akuisisi ini memperkuat reputasi MedcoEnergi dalam inisiatif keberlanjutan dan pengembangan gas
Jakarta (ANTARA) - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) telah menyelesaikan akuisisi 20 persen kepemilikan di dua exploration and production sharing agreements (EPSA) di Kesultanan Oman dari perusahaan OQ Exploration & Production LLC (OQEP).

MedcoEnergi mengakuisisi 20 persen kepemilikan atas EPSA produksi Blok 60 dan 20 persen kepemilikan atas EPSA eksplorasi Blok 48, keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat Oman dekat perbatasan Arab Saudi.

"Akuisisi ini memperkuat reputasi MedcoEnergi dalam inisiatif keberlanjutan dan pengembangan gas, serta menghadirkan sentra baru untuk terus mengembangkan produksi berbiaya rendah," kata Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Akuisisi akan meningkatkan produksi harian MedcoEnergi sebesar 13 MBOEPD dan berkontribusi signifikan terhadap cadangan gas dan minyak di masa depan.

Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km2 dan memproduksi 63 ribu barel setara minyak per hari (MBOEPD) dari lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul, kontrak EPSA akan berakhir pada 2048.

Sedangkan Blok 48 yang lokasinya berdekatan, mencakup area seluas 2.995 km2 dan memiliki potensi minyak dan gas yang signifikan.

Kesultanan Oman telah memberikan persetujuan kepada MedcoEnergi untuk mengakuisisi 20 persen kepemilikan pada dua blok migas di negara tersebut.

OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut dan akan memfasilitasi pertukaran keahlian dalam eksplorasi gas, pengembangan lapangan, penerapan teknologi serta proses keberlanjutan melalui penempatan pekerja MedcoEnergi di operasi bersama dan penugasan korporasi bilateral.

OQEP adalah produsen terbesar ketiga di Oman dan merupakan anak usaha dari OQ Group SAOC, grup energi terintegrasi global milik Kesultanan Oman.

Saat ini, OQEP mengoperasikan tiga blok di Oman dan berpartisipasi dalam sejumlah joint ventures aset produksi dan eksplorasi di Oman dan Kazakhstan.

Baca juga: MedcoEnergi dukung trilema energi melalui energi baru terbarukan
Baca juga: Medco E&P raih penghargaan TKDN tertinggi 2023 dari SKK Migas
Baca juga: Medco E&P – PLN kerja sama jual beli listrik kurangi emisi GRK

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023