Kami telah membina sekitar 250 UMKM Dldisabilitas
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar bazar hingga aksi sosial dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Selasa.

Ketua PPDI Kabupaten Bogor Erfandi menyebutkan bazar UMKM ini digelar untuk melatih para penyandang disabilitas dalam berniaga dan memasarkan produk-produk karya difabel seperti handicraft, lukisan, hingga makanan olahan.

"Kami telah membina sekitar 250 UMKM Dldisabilitas yang tersebar di 40 kecamatan baik pemasaran, penjualan hingga pengemasan, penjualan juga kami dorong tidak hanya offline juga dilakukan secara online," ungkap Erfandi.

Ia menjelaskan bazar UMKM disabilitas ini akan berlangsung hingga puncak Hari Disabilitas Internasional pada 4 Desember 2023, yang rencananya diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Bogor.

Baca juga: Wali Kota Medan targetkan latih penyandang disabilitas pada 2024
Baca juga: Dinsos Jatim buka perayaan hari disabilitas internasional di Bangkalan


Bazar UMKM ini juga menampilkan kemampuan anak-anak penyandang disabilitas dalam melahirkan karya lukis yang hasilnya langsung dipasarkan.

"Rangkaian kegiatan ini kami gelar dari 28 November 2023 sampai 4 Desember 2023, sebagai wadah mereka berkreasi dan memperkenalkan kelebihan dengan segala keterbatasan mereka," ujarnya.

Erfandi mengatakan, puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional akan diisi dengan seremonial pemberian penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah memperkerjakan penyandang disabilitas dan pembagian kursi roda 12 unit untuk para difabel.

Kemudian juga akan menampilkan hiburan berupa tarian dan musik yang dibawakan para penyandang disabilitas.

Baca juga: Mensos berikan motivasi lewat pengusaha cilik dan disabilitas berbakat
Baca juga: KAI berikan potongan harga 20 persen bagi penumpang disabilitas
Baca juga: Komnas Perempuan: Libatkan disabilitas susun aturan turunan UU TPKS

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023