Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menjalin kerja sama dengan Egyptian Red Crescent Society (ERCS) atau Bulan Sabit Merah Mesir untuk mempermudah penyaluran bantuan kepada masyarakat Palestina.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu langkah signifikan yang dilakukan BAZNAS berkolaborasi dengan salah satu lembaga kemanusiaan besar di Mesir,” kata Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Egyptian Red Crescent Society (ERCS) (Arab: الهلال الاحمر المصرى) yang didirikan pada tahun 1911 merupakan badan resmi utama yang memiliki tanggung jawab membantu otoritas publik dalam layanan medis darurat, bantuan kemanusiaan dan nilai-nilai kemanusiaan internasional di Mesir.

Noor menjelaskan program Membasuh Luka Palestina bertujuan untuk memberikan kebutuhan mendesak masyarakat Palestina, dengan menekankan bantuan medis dan dukungan penghidupan terutama bagi warga Gaza.

Baca juga: Bank Kalsel serahkan donasi untuk Palestina kepada BAZNAS Kalsel

Baca juga: BAZNAS RI kerja sama dengan Bayt Zakat Mesir untuk bantu Palestina


“BAZNAS bangga menjadi mitra ERCS dalam program Membasuh Luka Palestina, kolaborasi ini mencerminkan pentingnya kerja sama internasional dalam mengatasi krisis kemanusiaan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan ERCS dengan keahliannya dalam layanan medis darurat, akan bekerja sama dengan BAZNAS untuk memastikan bantuan senilai 330.000 dollar AS (sekitar Rp5 miliar) tersebut sampai kepada masyarakat Palestina.

“Melalui program tersebut, kami berharap mampu memberikan bantuan yang signifikan dan membantu memulihkan kehidupan masyarakat Palestina yang terdampak,” ungkap Noor.

Selain itu, Noor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, dari mulai BAZNAS daerah, Lembaga Amil Zakat (LAZ), perusahaan, lembaga, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan infak kemanusiaan Palestina melalui BAZNAS.
​​​​​
“Insya Allah seluruh infak yang terkumpul dan dititipkan melalui BAZNAS akan disalurkan seluruhnya bagi masyarakat Palestina, juga memastikan penyaluran bantuan ini secara transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Eksekutif ERCS Dr. Ramy El-Nazer mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas kerja sama yang dilakukan dalam upaya meringankan beban masyarakat Palestina.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., dengan Direktur Eksekutif ERCS Dr. Ramy El-Nazer, di Mesir.*

Baca juga: BAZNAS RI berikan bantuan air bersih untuk warga Palestina

Baca juga: BAZNAS gandeng Egyptian Red Crescent salurkan bantuan ke Palestina

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023