Jakarta (ANTARA) - Emiten minyak dan gas (migas) PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) siap mengakselerasi pengembangan bisnis seiring dengan kinerja perseroan yang positif pada kuartal terakhir.

"Kami akan melakukan akselerasi pengembangan bisnis yang ekspansif serta dan mengoptimalkan hasil investasi untuk memberikan nilai tambah kepada pemegang saham," kata Direktur Utama RAJA Djauhar Maulidi dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Selain itu, lanjut Djauhar, perseroan juga sedang mempersiapkan pengembangan bisnis dan diversifikasi bisnis yang nantinya bertujuan untuk menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi bagi perseroan dengan memasuki lini bisnis petrokimia dan energi baru terbarukan.

"Ini bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga menguntungkan secara finansial untuk para pemegang saham," ujar Djauhar.

Per kuartal III 2023, perseroan membukukan laba bersih 12,6 juta dolar AS, naik 123 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu 5,6 juta dolar AS.

Pendapatan bersih perseroan mengalami kenaikan sebesar 26 persen dari 87 juta dolar AS pada tahun lalu menjadi 110 juta dolar AS.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan tersebut yakni kenaikan penjualan gas baik dari gas pipa maupun CNG, terutama dengan adanya penambahan pelanggan baru di Pulau Sumatera.

Selain itu, kenaikan kontribusi dari sektor infrastruktur gas juga memberikan kontribusi yang cukup baik terutama dari toll fee pada pipa gas dan pipa minyak mentah milik perseroan.

Realisasi belanja modal perseroan hingga kuartal III 2023 telah mencapai 41 juta dolar AS atau setara dengan 82 persen dari total 50 juta dolar AS yang dianggarkan untuk keperluan belanja modal pada 2023. Belanja modal yang telah disiapkan itu telah digunakan untuk pengembangan bisnis perseroan pada tahun ini.

Sampai dengan kuartal III, perseroan fokus pada pengembangan bisnis yang saat ini sudah dijalankan perseroan.

Adapun proyek yang sudah berjalan pada 2023 adalah proyek pembangunan mother station (CNG) di Grobogan Jawa Tengah, proyek pembangunan pipa gas PT IKPP di Riau, proyek eksplorasi blok minyak di wilayah Sumatera dan pembelian hak partisipasi blok minyak di wilayah Sumatera.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023