Kami percaya bahwa penggunaan produk dalam negeri dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan berhasil meraih predikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Terbaik untuk Gross Split 2023 dalam gelaran Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III 2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebagai bentuk apresiasi atas komitmen perusahaan dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

"Kami sangat bangga atas penghargaan ini merupakan bukti bahwa kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membuka lapangan kerja baik untuk skala daerah operasional kami maupun nasional serta meningkatkan efisiensi perusahaan," ujar Executive Vice President (EVP) Business Support Pertamina Hulu Rokan Irfan Zaenuri melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Irfan, PHR WK Rokan terus berupaya untuk meningkatkan TKDN dalam setiap kegiatan operasional. Hal itu dilakukan dengan cara menggunakan produk-produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa dan mentransfer teknologi kepada mitra lokal, yaitu di Riau dan sekitarnya.

"Kami percaya bahwa penggunaan produk dalam negeri dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional," kata Irfan.

Adapun, target capaian TKDN PHR WK Rokan pada 2023, yaitu 58 persen. Namun, hingga November 2023 telah melebihi target, yakni sebesar 65,56 persen. Angka tersebut meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, sebelum alih kelola Blok Rokan.

PHR menyebut peningkatan TKDN tersebut didorong oleh berbagai faktor, di antaranya upaya perusahaan untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan dukungan dari pemerintah melalui kebijakan-kebijakan yang pro TKDN.

Selain itu, PHR juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja. PHR juga telah melakukan berbagai program pemberdayaan masyarakat seperti program pelatihan dan pendampingan usaha, serta program bantuan sosial.

"Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka kami juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat," ucap Irfan.

Diketahui, SKK Migas menyelenggarakan Forum Kapnas III 2023 pada 23-24 November di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta.

Forum Kapnas yang telah diinisiasi sejak 2021 menjadi pilar keberlanjutan industri hulu migas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Forum Kapnas juga telah membuka ruang bagi pemerintah, pelaku industri, perusahaan, UMKM dan asosiasi bisnis untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan penguatan kapasitas pelaku industri hulu migas, perusahaan dalam negeri, pabrikan lokal termasuk UMKM.


Baca juga: Atasi pengangguran, Pertamina buat gerakan perempuan konservasi pinang
Baca juga: PHR terapkan transformasi digital dukung target produksi migas
Baca juga: Pertamina melakukan tajak sumur perdana di Lapangan Duri Blok Rokan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023