Jakarta (ANTARA) - Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengatakan pihaknya akan mempersiapkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadapi debat calon  presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Arsjad usai konferensi pers crowdfunding (penggalangan dana massal) untuk pemenangan Ganjar-Mahfud di Gedung High End, Jakarta, Rabu.

"Insya Allah, bismillah, kami lagi rundingkan. Kan nanti debatnya tanggal 12 ya kan," ujar Arsjad.

Ia pun mengungkapkan persiapan Ganjar-Mahfud akan mulai dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini mengingat jadwal pelaksanaan debat capres/cawapres pertama jatuh pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Jadi, nanti kami lihat bagaimana persiapannya pasti akan dimulai, dilakukan,  dimana nanti juga perlu mempersiapkan untuk Mas Ganjar dan juga Pak Mahfud," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa jadwal debat capres/wapres telah ditetapkan. Jadwal pelaksanaan debat pada tanggal 12 dan 12 Desember untuk menutup akhir tahun 2023, kemudian dilanjutkan pada tanggal 7 dan 14 Januari dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2023.

"Ya, tanggal segitu," kata Hasyim saat memberikan keterangan melalui pesan singkat kepada ANTARA di Jakarta, Rabu petang.

Untuk tempat detail pelaksanaan debat, hingga kini KPU belum memberikan keterangan terkait dengan hal tersebut.

KPU hanya memastikan bahwa pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden  berlangsung sebanyak lima kesempatan akan berlangsung di Jakarta.

Dikatakan oleh anggota KPU RI August Mellaz bahwa berdasarkan sejumlah pertimbangan, diputuskan pelaksanaan debat dilakukan seluruhnya di Ibu Kota.

"Kami akhirnya mengambil keputusan pelaksanaannya di Jakarta," kata August saat diwawancarai di Kantor KPU RI.

Ia menjelaskan bahwa keamanan menjadi salah satu alasan walaupun bukan menjadi pertimbangan yang utama karena terkait dengan itu merupakan tanggung jawab pihak yang berwenang.

"Kami bukannya Jakarta sentris, ya. Kantor KPU di Jakarta, jadi lokasi dan termasuk ada faktor-faktor teknis, misalnya mobilisasi massa, segala macam dipindah di satu daerah, jadi biar lebih efektif saja," ungkap August.

KPU juga memastikan debat calon presiden dan wakil presiden tidak akan digelar seperti kuis cerdas cermat yang bersifat monoton atau tidak interaktif.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), ditentukan aturan mengenai kuantitas debat capres/cawapres sebanyak lima kesempatan.

Dari kelima debat itu, kata dia, porsi untuk capres sebanyak tiga kali dan cawapres dua kesempatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Strategi Ganjar Pranowo kurangi kesenjangan di Papua
Baca juga: Ganjar terinspirasi dari pertemuan dengan Uskup Agung Merauke
Baca juga: Hasto sebut gaya blusukan Ganjar berbeda dari Presiden Jokowi

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023