Kami memberdayakan kurang lebih sekitar 430 organisasi mitra lokal, itu belum termasuk  lembaga-lembaga pendidikan seperti universitas, SMK,....
Jakarta (ANTARA) - PLN Haleyora Power menyebutkan bahwa  kegiatan operasionalnya turut melibatkan dan memberdayakan sebanyak 430 mitra lokal, yang tersebar di daerah operasi perusahaan yang mencakup Sumatera, Jawa, dan Bali.

"Kami memberdayakan kurang lebih sekitar 430 organisasi mitra lokal, itu belum termasuk  lembaga-lembaga pendidikan seperti universitas, SMK, dan lain sebagainya, dan orangnya kurang lebih sekitar 7.000," kata Direktur Operasi PLN Haleyora Power Diksi Erfani Umar saat konferensi pers di Kantor PLN Haleyora Power, Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan kerja sama dengan mitra lokal dilakukan dalam proyek-proyek yang dilakukan PLN Haleyora Power dengan pembentukan kerja sama melalui kesepakatan subkontrak maupun kontrak jangka panjang.

"Selama masih ada mitra lokal yang bisa kami gandeng, kami akan pakai mitra lokal. Kami tidak akan merekrut orang khusus, mengirimkan orang khusus ke sana, tidak, jadi selama itu masih bisa dikerjakan mitra lokal kami pasti akan berkolaborasi di sana," kata Diksi.

Baca juga: PLN: Penyediaan SPKLU dorong pembangunan ekosistem kendaraan listrik

PLN Haleyora Power juga menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan setempat seperti SMK dan universitas di mana anak usaha PT PLN (Persero) itu membuka kesempatan bagi pelajar atau mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya melalui praktik kerja di perusahaan tersebut.

Diksi menerangkan PLN Haleyora Power banyak menggaet mitra lokal karena dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan itu tidak menerapkan prinsip aggresive marketing, tetapi mengedepankan pengamanan bisnis agar tetap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi kami bukan nyari-nyari pasar, tapi kami lebih ke pengamanan bisnis mendukung bahwa PLN itu bisa melayani yang terbaik untuk masyarakat," kata Diksi.

Baca juga: PLN siap jalin kolaborasi terkait transisi energi di COP 28 Dubai

Selain itu, terangnya, kerja sama dengan mitra lokal juga merupakan bentuk dukungan dalam upaya menumbuhkan sektor-sektor perekonomian yang menggerakkan kehidupan masyarakat.

"Kami juga bagian dari Indonesia, kami menjadi bagian dari PLN, untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan tentunya juga menumbuhkan sektor-sektor ekonomi yang menggerakkan kehidupan masyarakat," ucap Diksi.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023