Suka Makmue (ANTARA) - Personel Satuan Lalu Lintas Polres Nagan Raya, Aceh bersama personel Polsek Beutong Ateuh Banggalang dan masyarakat melakukan penanganan material longsor yang menutupi ruas jalan kabupaten dan provinsi di lintasan Nagan Raya-Aceh Tengah.

“Aksi pembersihan ini sebagai upaya untuk memulihkan akses jalan raya dan keamanan lalu lintas bagi masyarakat,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Nagan Raya Iptu Alfi Syafrin di Suka Makmue, Provinsi Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan upaya tersebut untuk mengatasi arus transportasi masyarakat melalui lokasi bencana alam itu agar lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Longsor dan angin puting beliung landa Sukabumi

Alfi Syahrin mengatakan upaya penanganan material berupa kayu di lokasi longsor di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh itu untuk menjaga kelancaran transportasi dan keamanan masyarakat.

“Dalam situasi darurat seperti ini, kehadiran kami untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat, sekaligus memastikan mobilitas masyarakat kembali lancar," katanya.

Ia menjelaskan penanganan yang dilakukan petugas bersama masyarakat sekaligus untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan penanganan longsor di lokasi bencana alam.

Ia mengatakan penanganan tersebut sambil menunggu kedatangan alat berat berupa ekskavator yang dikirimkan oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menuju lokasi longsor.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang akan melintas di kawasan ini agar dapat bersabar dan berhati-hati karena kondisi jalan masih licin karena ada sisa lumpur di jalan raya.

Baca juga: BPBD lakukan asesmen antisipasi longsor susulan di Bogor
Baca juga: BNPB ingatkan kekeringan lama di Jawa picu longsor saat hujan 
Baca juga: BMKG imbau delapan daerah di Aceh siaga banjir beberapa hari ke depan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023