Sesuai instruksi Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, mulai hari ini kami mengoperasikan rumah sakit lapangan darurat bencana di Ladang Rimba
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan memfungsikan Puskesmas Ladang Rimba sebagai Rumah Sakit (RS) lapangan darurat bencana pasca-banjir bandang di wilayah tersebut.

Direktur RSUD Yuliddin Away, Syahmadi, di Aceh Selatan, Kamis, mengatakan RS lapangan tersebut mulai difungsikan pada Kamis (30/11) guna memudahkan korban terdampak banjir bandang untuk berobat.

"Sesuai instruksi Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, mulai hari ini kami mengoperasikan rumah sakit lapangan darurat bencana di Ladang Rimba," kata Syahmadi.

Untuk itu pihaknya menugaskan tiga dokter umum melayani penanganan kesehatan korban bencana banjir bandang di Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Baca juga: Bantuan terus mengalir bagi korban banjir bandang di Aceh Selatan

"Sedangkan dokter spesialis, akan kami tugaskan berdasarkan pasien rawat inap. Pengoperasian rumah sakit lapangan tersebut agar pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah banjir bandang tidak lumpuh," katanya.

Menyangkut obat-obatan, Syahmadi mengatakan pihaknya juga meminta tambahan obat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Aceh serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kami terus melakukan penanganan kesehatan bagi korban banjir bandang yang mulai terserang penyakit. Kehadiran rumah sakit lapangan tersebut untuk memastikan pelayanan kesehatan di Ladang Rimba tidak lumpuh," kata Syahmadi.

Sebelumnya wilayah Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, dilanda banjir bandang pada Senin (20/11) malam. Banjir bandang tersebut membawa material kayu besar yang menyebabkan rumah penduduk dan fasilitas umum rusak berat.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan maksimalkan pemulihan pascabanjir bandang

 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023