Majalengka (ANTARA) -
Direktur Utama (Dirut) PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhammad Singgih mengatakan tingkat keterisian (load factor) pesawat di BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, sudah di atas 75 persen sejak fasilitas penerbangan itu beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023.
 
“Kalau load factor, sekarang ini membaik. Dari awal penerbangan itu sekitar 59-60 persen. Di hari-hari terakhir itu mencapai 75 persen,” kata Singgih saat memberikan keterangan di BIJB Kertajati, Majalengka, Jumat.
 
Dia menyebutkan dari tingkat load factor itu, rata-rata penumpang yang terbang dari dan menuju BIJB Kertajati sudah mencapai 1.680 orang per hari.
 
Seiring berjalannya waktu, ia merasa optimis penumpang BIJB Kertajati akan semakin ramai dengan adanya tujuh rute penerbangan domestik dan internasional saat ini.
 
“Kalau penumpang saat ini sampai akhir tahun, kurang lebih 200 ribu orang dari sepanjang tahun ini (Januari-November) 2023. Setelah dipindahkan pada 29 Oktober,” katanya.
 
Demi menambah kenyamanan para penumpang, pihaknya telah menambah sejumlah gerai yang menjual berbagai produk seperti makanan, minuman dan oleh-oleh.
 
Langkah tersebut diambil agar penumpang tidak merasa kesulitan dalam membeli beberapa kebutuhan sebelum terbang dari BIJB Kertajati menuju tujuh rute penerbangan atau sebaliknya.
 
“Tenant atau gerai meningkat terus, kalau kemarin 20-an, sekarang 30 persen,” katanya.
 
Lebih lanjut, dia menyampaikan saat ini rute penerbangan domestik masih berjumlah tujuh perjalanan yakni perjalanan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, serta Palembang.
 
Sedangkan maskapai yang melayani rute perjalanan itu adalah yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink.
 
Dia mengungkap tidak menutup kemungkinan rute penerbangan di BIJB Kertajati bisa bertambah pada 2024.
 
“Rute tentu, jadi nanti kita lihat perkembangan itu. Tapi rencana dari yang semula tidak daily, menjadi daily. Kemudian yang semula belum diterbangin, kita terbangkan. Nanti kita lihat kebutuhan para pengguna penerbangan,” jelasnya.
 
Dia menambahkan dalam musim liburan Natal dan Tahun Baru 2024, diestimasikan akan ada lonjakan penumpang di BIJB Kertajati sampai 30 persen dibanding hari biasa.
 
“Kalau di sini tidak terlalu melonjak banget. Kalau peningkatan 30 persen dari biasanya ada,” ucapnya.

Baca juga: Dirut: BIJB Kertajati siap layani penumpang libur Natal dan tahun baru
Baca juga: BIJB Kertajati catat jumlah penumpang capai 49.689 orang dalam sebulan
Baca juga: Menhub tawarkan Abu Dhabi Airports kembangkan Bandara Kertajati

 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023