tidak hanya menyangkut kinerja finansial, tetapi juga peran serta dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL)
Jakarta (ANTARA) - Harian Bisnis Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada korporasi BUMN, chief executive officer (CEO) BUMN dan chief financial officer (CFO) BUMN terbaik dalam seremoni bertajuk Anugerah Top BUMN Awards 2023.

Siaran pers Bisnis Indonesia di Jakarta, Jumat, menyebutkan sebanyak 10 korporasi BUMN memperoleh penghargaan Top BUMN Awards 2023 (The Best State Owned Enterprise in 2023). Ke-10 BUMN ini diseleksi ketat dengan parameter yang komprehensif oleh sejumlah dewan juri.

Parameter yang menjadi landasan ukur penilaian dalam penjurian tidak hanya menyangkut kinerja finansial, tetapi juga peran serta dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), dengan pembobotan tertentu.

Sepuluh korporasi BUMN yang dimaksud adalah PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Perkebunan Nusantara III, PT Pegadaian (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Superintending Company of Indonesia dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Selain itu, terdapat sebanyak 6 korporasi BUMN lainnya yang memperoleh penghargaan Top BUMN untuk kategori Special Achievement Awards 2023.

Penerima penghargaan untuk kategori ini diseleksi berdasarkan beberapa parameter tertentu untuk memilih BUMN dengan ROA terbaik, BUMN dengan profitabilitas terbaik (ROE dan ROI), BUMN dengan likuiditas terbaik (cash ratio dan current ratio), BUMN dengan aktivitas terbaik (total asset turnover) dan BUMN dengan solvabilitas terbaik (modal terhadap asset).

Baca juga: Telkom komitmen bagikan dividen capai 80 persen laba tahun buku 2023

Baca juga: BRI raih 2 penghargaan CSA Awards 2023 


Di segmen ini, penghargaan diberikan untuk dua kategori yakni BUMN sektor infrastruktur dan BUMN non infrastruktur, yaitu kepada PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero), PT Petrokimia Gresik, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Kujang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Bisnis Indonesia Top BUMN Awards kali ini juga memberikan penghargaan kepada lima CEO BUMN terbaik dan lima CFO BUMN terbaik.

Lima CEO BUMN terbaik adalah Darmawan Junaidi dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Arief Mulyadi dari PT Permodalan Nasional Madani, Rahmad Pribadi dari PT Pupuk Indonesia (Persero), Donny Arsal dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dan Ahmad Dani Virsal dari PT Timah Tbk.

Sementara Top CFO BUMN 2023 diraih Sigit Prastowo dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Salusra Wijaya dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), Viviana Dyah Ayu RK dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Ferdian Timur S dari PT Pegadaian, serta Mega Satria dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Penjurian untuk pemilihan Top CEO BUMN maupun Top CFO BUMN dilakukan melalui wawancara dan presentasi langsung di hadapan dewan juri, setelah sebelumnya para kandidat diwajibkan mengisi kuesioner dan menyampaikan data-data yang relevan sesuai kebutuhan.

Masih ada satu lagi yakni penghargaan Top BUMN 2023 untuk kategori Special Awards yang diberikan berdasarkan penilaian yang komprehensif oleh panel sidang Dewan Redaksi Bisnis Indonesia.

Tak kalah ketat, penjurian ini juga mewajibkan peserta melakukan presentasi di hadapan panel sidang redaksi di samping penyampaian data-data yang dibutuhkan.

Penghargaan kategori itu diberikan kepada PT BNI Life Insurance, PT BRI Multifinance Indonesia, dan Presiden Direktur PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso.

Baca juga: Telkom akan gandeng mitra kembangkan bisnis data center pada 2024

Baca juga: Sebanyak 29 perusahaan BUMN meraih penghargaan human capital

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023