Jakarta (ANTARA) - Technical Study Group (TSG) Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA menilai pergelaran turnamen Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia sangat penting bagi pengembangan pemain muda.

Dalam keterangan resmi FIFA, Jumat, TSG yang terdiri dari empat pakar teknis yaitu mantan pemain internasional Swiss Pascal Zuberbühler, pelatih kepala tim nasional senior sepak bola wanita Wales Gemma Grainger, mantan pemain internasional Paraguay Julio Gonzalez, dan mantan pemain internasional Senegal Pape Thiaw menilai Piala Dunia U-17 menjadi dasar para pemain untuk mengasah potensi mencapai level teratas dunia.

"Piala Dunia FIFA U-17 merupakan turnamen yang sangat penting, karena menjadi dasar bagi para pemain untuk mencapai level top. Yang pertama, turnamen ini membiasakan para pemain muda untuk berkompetisi. Mereka dapat merasakan atmosfer turnamen besar dan memperoleh pengalaman melawan berbagai tim sebagai bagian dari pengembangan mereka, dan memungkinkan mereka tumbuh lebih cepat,” kata Pape Thiaw.

Baca juga: Perancis siap hadapi Jerman di final Piala Dunia U-17

FIFA membentuk TSG yang bertugas untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren teknis, taktik, dan fisik para pemain, menobatkan player of the match di setiap pertandingan, dan memilih pemenang penghargaan pemain terbaik.

"Pada level U-17, para pemain dipersiapkan: kami berbicara tentang pengembangan permainan sepak bola dan upaya untuk melatih berbagai hal. Melalui Piala Dunia FIFA U-17, kami menambahkan sisi kompetitif dalam pengembangan tersebut, sehingga mereka dapat menunjukkan bakatnya meskipun masih muda," urai Thiaw.

Selain itu, Piala Dunia FIFA U-17 membawa para pemain menjalani tantangan: membawa mereka keluar dari zona nyaman dan membuat mereka mengalami hal yang sebelumnya asing bagi mereka seperti perjalanan, akomodasi, kebudayaan, zona waktu yang berbeda, serta penonton lawan.

“Anak-anak ini adalah pemain U-17. Kebanyakan dari mereka bahkan belum pernah ke luar negeri untuk bermain sepak bola sebelumnya, sehingga menjalani pertandingan internasional melawan tim nasional lainnya memberikan pengalaman yang unik dan berharga bagi para pemain ini. Hal ini tidak dapat dibandingkan dengan turnamen lain mana pun," kata Julio Gonzalez.

Baca juga: Waketum PSSI nilai sejauh ini Piala Dunia U-17 berjalan lancar
Baca juga: Keluarga pemain tempuh perjalanan jauh demi dukung tim Polandia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023