Jakarta (ANTARA) - Pameran perjalanan DiIndonesia Aja Travel Fair (DIATF) 2023 kembali digelar selama tiga hari pada 1-3 Desember 2023 di di LG Terra Atrium, Mall Central Park, Jakarta Barat.

DIATF 2023 yang kedua kalinya diselenggarakan ini menawarkan berbagai promosi menarik untuk perjalanan wisata domestik menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru) hingga untuk paruh semester pertama 2024.

“Kalau kita lihat, sekarang ini orang-orang mengeluh harga tiket pesawat masih tinggi, itu sebabnya kita buat pameran perjalanan, karena akan ada subsidi, diskon, cashback, hingga cicilan. Tujuannya supaya mengkoreksi harga,” ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno pada pembukaan DIATF 2023 di Mall Central Park, Jakarta, Jumat.

Baca juga: DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 permudah warga berwisata

Sebanyak total 29 agen perjalanan hadir menawarkan berbagai promosi menarik seperti tiket pesawat, kereta api, hotel, pusat oleh-oleh, pusat perbelanjaan, hingga tempat rekreasi keluarga yang telah dirangkum dalam berbagai opsi paket yang memudahkan.

Warga berkonsultasi dengan agen perjalanan pada pameran DiIndonesia Aja Travel Fair 2023, di LG Terra Atrium, Mall Central Park, Jakarta Barat, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)
Khusus bagi pengunjung, sejumlah bank yang menjadi afiliasi juga menawarkan berbagai promosi menarik seperti uang kembali (cashback) hingga Rp500 ribu, cicilan nol persen untuk tenor 3 bulan + Rp350 ribu, hingga diskon Super Last Deal Rp1 juta dengan mekanisme transaksi minimal Rp1,5 juta. Tersedia pula hadiah total puluhan juta rupiah dan tiket liburan ke Yogyakarta, Medan dan Labuan Bajo.

Baca juga: Astindo targetkan transaksi DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 capai Rp7M

Beragam penawaran harga menarik juga tersedia untuk acara yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) seperti World Dance Day Solo, Bali Trail Run Ultra Gunung Batur, pameran buku Big Bad Wolf, Prambanan Jazz Festival hingga Senggigi Sunset Jazz.

“Wisatawan cenderung ingin sesuatu yang mudah, nyaman, dan gampang. Kami berkolaborasi untuk bisa memberikan penawaran-penawaran yang mudah dan lengkap, tidak hanya lima destinasi super prioritas (DSP), tapi banyak sekali destinasi yang bagus di Indonesia lainnya,” ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

Benar saja, saat ANTARA berkeliling DIATF 2023, banyak sekali destinasi-destinasi menarik lainnya yang masih belum terlalu sering dikunjungi wisatawan, contoh saja paket wisata ke Seribu Megalith Lore Lindu di Sulawesi Tengah, hingga Padang Mandeh, “Raja Ampatnya Sumatera Barat”.

Adapun DIATF 2023 merupakan acara yang diinisiasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan kolaborasi antara Kemenparekraf, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), serta Astindo.

Baca juga: Wamenparekraf dukung 'travel fair" fokus pada destinasi dalam negeri

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023