Jakarta (ANTARA News) - Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) mengadakan kegiatan membagikan tajil di kawasan Bunderan HI, Jumat sore.

Tidak hanya di Bunderan HI, RICMA juga mengirim tim mereka ke Bunderan Senayan untuk melakukan hal yang sama. Membagikan tajil, makanan ringan, ini adalah salah satu acara dalam program Gema Ramadhan RICMA 2013.

Ai Sukarno Hatta, Ketua Gema Ramadhan RICMA 2013, mengatakan mereka menyasar pengguna jalan besar yang ada di kedua titik tersebut.

"Kegiatannya sore ini saja," kata Artha M. Soeharto, Sekretaris Jendral RICMA saat menggelar jumpa media, sesaat sebelum mereka bertolak untuk membagikan tajil di kedua titik itu.

RICMA membagikan 2.500 paket berbuka puasa di kedua titik tersebut. Menurut mereka, berbagi tajil ini merupakan salah satu cara untuk memberi kepada sesama.

"Salah satu bentuk budaya gerakam tangan di atas, bagaimana caranya kita memberi," jelas Artha.

Tajil On The Road ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Gema Ramadhan mereka. Mengusung tema "Ramadhan Berbudaya", RICMA mengadakan acara Safari Ramadhan yang merupakan kunjungan mereka ke sejumlah institusi, seperti ke Kedutaan Besar India. Dalam Safari Ramadhan, mereka juga bertemu dengan organisasi kepemudaan lainnya untuk membahas isu sosial terkini.

Sebagai bentuk kaderisasi, mereka mengadakan RICMA Camp di Masjid Cut Meutia pada 26-28 Juli. Dalam acara itu, peserta akan diberikan pelatihan kepemimpinan berdasarkan Islam.

Pada tanggal 2 Agustus, mereka mengadakan RICMA Fair di lapangan masjid. Acara pasar rakyat dengan harga terjangkau itu menyasar warga yang tinggal di sekitar Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

"Target RICMA Fair untuk warga sekitar Masjid Cut Meutia, jadi sebelum mudik bisa belanja oleh-oleh dulu," jelas Artha.

Acara RICMA yang paling ditunggu adalah Ramadhan Jazz Festival yang akan diadakan pada 19--20 Juli 2013.(*)

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013