Semoga ini terus ditingkatkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan Naker Award 2023 sebagai pembina produktivitas tahun 2023 yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan RI di Balai Sarbini, Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni.

Sekda Sri Wahyuni dalam keterangan di Samarinda, Jumat, menyatakan syukur dengan penghargaan yang diraih oleh pemerintah, dan dia juga mengapresiasi dengan sejumlah perusahaan di Kaltim yang juga mendapatkan penghargaan serupa.

Baca juga: Wapres dorong pembenahan sektor ketenagakerjaan melalui kolaborasi

"Semoga ini terus ditingkatkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim," katanya.

Ia mengatakan, penghargaan ini sebagai apresiasi Pemerintah Pusat kepada perusahaan maupun pemerintah daerah yang sukses mewujudkan produktivitas di daerah.

"Penghargaan berdasarkan penilaian yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan kepada 18 dinas ketenagakerjaan se-Indonesia," jelasnya.

Sekda mengingatkan, pesan Wapres Ma'ruf untuk meningkatkan produktivitas maka perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sertifikasi kompetensi perusahaan.

Terlebih sebagai penyangga IKN, lanjut Sekda, perlu diperbanyak sertifikasi tenaga kerja, sehingga berdaya saing.

"Khususnya sektor-sektor yang dibutuhkan dalam pengembangan IKN," jelasnya.

Sebelumnya, Wapres RI KH Ma'ruf Amin mengatakan, momentum Anugerah Naker Award 2023 sebagai motivasi bagi perusahaan untuk bangkit pasca pandemi COVID-19.

Baca juga: Wapres minta Kemenaker pastikan kolaborasi soal penguatan tenaga kerja

Bagi Wapres Ma'ruf Amin, kesuksesan ketenagakerjaan adalah adanya kolaborasi yang baik.

"Perlu diperhatikan menguatkan kolaborasi dari hulu ke hilir, sehingga terwujud produktivitas," ungkap Ma'ruf.

Bagi pemberi upah (perusahaan) dapat meningkatkan produktivitas bagi penduduk di wilayahnya. Sebagai tanggungjawab perusahaan untuk menghapuskan kemiskinan.

"Pemerintah daerah dapat menyusun rencana anggaran dalam mendukung pengembangan produktivitas perusahaan," harapnya.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menjelaskan tidak mudah membangun pertumbuhan para pekerja.

"Karena itu, diberikan penghargaan untuk memotivasi perusahaan dan pemerintah daerah agar lebih maksimal lagi dalam ketenagakerjaan," ujarnya.

Empat penghargaan yang diberikan, berupa Indeks pembangunan ketenagakerjaan, olimpiade pengupahan berbasiskan produktivitas, pengukuran produktivitas dan perusahaan terbaik.

Perusahaan penerima Penghargaan Produktivitas Paramakarya Tahun 2023, yakni PT Sagatrade Murni asal Samarinda dan PT Mulia Jaya Mandiri asal Balikpapan kategori usaha besar, PT Waroeng Geboy Oke asal Balikpapan kategori usaha kecil.

Baca juga: Bali terima penghargaan pemprov terbaik pada Paritrana Award 2023

Selain itu, Provinsi Kaltim juga menerima penghargaan melalui perusahaan PT PKT Kaltim dengan kategori olimpiade pengupahan berdasarkan produktivitas.


***3***

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023