"Alhamdulillah, kami menerima penghargaan terbaik pertama terkait kinerja pengelolaan dana desa, sekaligus menerima buku alokasi transfer ke daerah sebesar Rp1,43 triliun,"
Hulu Sungai Selatan, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih penghargaan sebagai terbaik pertama terkait kinerja pengelolaan dana desa Tahun Anggaran (TA) 2023 se-Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah menerima penghargaan tersebut dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 di Banjarmasin, Jumat.

"Alhamdulillah, kami menerima penghargaan terbaik pertama terkait kinerja pengelolaan dana desa, sekaligus menerima buku alokasi transfer ke daerah sebesar Rp1,43 triliun," kata Hermansyah saat dikonfirmasi di Hulu Sungai Selatan, Jumat.

Hermansyah mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten HSS dan pihak terkait yang mampu melaksanakan kegiatan penyaluran dana desa sesuai sasaran dan tepat waktu.

Selain itu, Hermansyah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala desa beserta jajaran melaporkan secara transparan dan rutin dana desa, serta bisa dipertanggungjawabkan.

"Semoga pencapaian Pemkab HSS pada tahun ini bisa terus kita tingkatkan lagi pada 2024 mendatang," ucapnya.

Diketahui, penghargaan itu merupakan tindak lanjut dari kegiatan Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer Daerah secara nasional oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu kemarin.

Seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di Istana Negara, Pemprov Kalsel juga menggelar penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah 2024 secara digital.

Sistem tersebut merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), bertujuan mendukung efisiensi anggaran, green budget, dan peningkatan keamanan data.

DIPA dan Buku Alokasi TKD merupakan dokumen APBN penting yang menjadi acuan bagi para kepala daerah dan Kuasa Pengguna Anggaran satuan kerja.

Kementerian ataupun lembaga pemerintah melaksanakan kolaborasi berbagai program pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada acara penghargaan tersebut bersamaan peluncuran aplikasi "SIJAYA UNIK", yaitu aplikasi Kinerja dan Layanan Unit Kerja sebagai upaya meningkatkan layanan Kantor wilayah DJPb Kalsel, serta untuk mendukung pelaksanaan anggaran di Kalsel.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang dan Fathurrahman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023