Kita bersyukur telah melaksanakan kegiatan Turkam Loksado dan memberikan bantuan kepada warga sekaligus melihat kondisi di lapangan, karena Loksado ini kawasan pariwisata strategis nasional
Hulu Sungai Selatan, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Turun Kampung ke Loksado (Turkam De Loksado) guna mengevaluasi pembangunan infrastruktur yang sudah berjalan sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

"Kita bersyukur telah melaksanakan kegiatan Turkam Loksado dan memberikan bantuan kepada warga sekaligus melihat kondisi di lapangan, karena Loksado ini kawasan pariwisata strategis nasional," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, Kamis.

Ia menuturkan pihaknya juga melihat sarana dan prasarana yang menunjang karena Loksado menjadi salah satu tempat yang ditetapkan sebagai strategis pariwisata melalui wisata "bamboo rafting".

"Selain itu, juga beberapa ruas jalan yang harus kita perbaiki, mudah-mudahan sarana dan prasarana di Loksado ini bisa kita tingkatkan di tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.

Hermansyah mengungkapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga memasukkan Loksado menjadi kalender kegiatan nasional sehingga harus memperhatikan beberapa aspek, seperti jembatan gantung yang memang perlu pembenahan.

Selain perbaikan ruas jalan, pemerintah daerah akan membenahi beberapa sarana dan prasarana di sekitar Loksado.

Dari pantauan lapangan, kata dia, telah melihat kondisi yang ada, sehingga Pemkab HSS akan mengambil sejumlah langkah konkrit penanganan, salah satu yang utama di kawasan wisata Air Panas Tanuhi.

Rombongan Pemkab HSS memantau kemajuan pembangunan jalan, jembatan, dan sarana publik lain yang menjadi prioritas pemerintah, terutama usulan prioritas pada Musrenbang RKPD 2025.

Pj Bupati HSS dan rombongan memilih menggunakan motor trail agar bisa menjangkau lokasi terpencil yang sulit diakses di Kecamatan Loksado.

“Apa yang kita lakukan ini untuk kesejahteraan masyarakat di HSS, agar meningkat dengan akses sarana prasarana yang memadai, tentu distribusi ekonomi kita akan akan semakin baik," ujar Hermansyah.

Baca juga: Pemkab HSS terbaik pengelolaan dana desa 2023 se-Kalsel

Baca juga: Ombudsman tetapkan HSS Kalsel sebagai kabupaten patuh pelayanan publik

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang dan Fathurrahman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024