Kehangatan itu yang ingin kami hadirkan kembali di film ini
Jakarta (ANTARA) - Sutradara sekaligus penulis naskah Danial Rifky berupaya agar film "Rumah Masa Depan", dapat tetap menghidupkan nostalgia bagi para penonton sekaligus tetap terhubung dengan kondisi perkembangan zaman saat ini.

Danial saat sesi gala premier film “Rumah Masa Depan” di Cinepolis Senayan Park Jakarta, Sabtu (2/12), menjelaskan bahwa para pemeran film tersebut tidak diharuskan untuk menonton serial televisi "Rumah Masa Depan" versi terdahulu.

Film itu merupakan adaptasi yang diangkat dari serial televisi pada empat dekade silam karya sutradara Ali Shahab.

Pada waktu itu, sang sutradara juga menuliskan serial yang sama dalam format buku. Kini, karya tersebut kembali hadir dalam bentuk layar lebar yang akan menyapa publik mulai 7 Desember 2023.

“Karena itu bagian dari tugas tim riset kami yang membuat cerita. Kami datangi TVRI, menonton lagi beberapa seri, lalu setelah kami pahami seperti apa jiwa serial tersebut, maka hal itu yang menjadi modal kami untuk melakukan adaptasi,” ujarnya.

Baca juga: Beradu akting, Laura Basuki-Fedi Nuril tak alami kendala

Berbeda dengan serial televisi pendahulunya, film "Rumah Masa Depan" kali ini, Danial melanjutkan, memberikan keleluasaan karakter bagi para pemain yang disesuaikan dengan kondisi kekinian.

“Misalnya ada Chef Surti (Laura Basuki) karena sekarang dunia 'chef' atau lomba memasak jadi ikonik dan hal itu tidak terjadi pada era '80-an. Lalu sosok Bayu yang seorang 'gamer' adalah isu hari ini,” kata Danial.

Generasi '80-'90
Danial juga menjabarkan bahwa film itu adalah nostalgia bagi generasi anak-anak dan remaja yang besar pada era '80 dan '90-an, seraya berkumpul bersama keluarga untuk duduk bersama menyaksikan serial tersebut lewat saluran TVRI.

“Lalu, orang tua mulai membanding-bandingkan anaknya dengan karakter di serial itu. Kamu rajin belajar ya biar kayak Sangaji, jangan nakal-nakal biar nggak kayak Hartono, semuanya dibacakan," katanya.

Ia mengaku, memori tentang serial itu adalah berkumpulnya keluarga, kehangatan ketika menonton dan bagaimana film itu mengisi hati.

Baca juga: Pemeran film "Rumah Masa Depan" terpincut budaya dan sejarah Sumedang

"Kehangatan itu yang ingin kami hadirkan kembali di film ini,” kata Danial mengakhiri kalimatnya.

"Rumah Masa Depan" karya rumah produksi Mizan Pictures dan Max Pictures menampilkan sejumlah aktor seni peran di antaranya Fedi Nuril, Laura Basuki, Widyawati, Cok Simbara, Bima Azriel, Ciara Brosnan, Aurel Valen, Maisha Kanna, dan Zayyan Sakha.

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023