Dividen komitmen kepada stakeholder sesuai in line, up to 20 persen dari laba bersih
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berkomitmen akan membagikan dividen dengan rasio sampai 20 persen dari laba bersih tahun buku 2023.

“Dividen komitmen kepada stakeholder sesuai in line, up to 20 persen dari laba bersih,” ujar Corporate Finance and Investor Relations Senior Group Head Jasa Marga Haning Pangastuty dalam konferensi pers di Kantor Jasa Marga, Jakarta, Senin.

Sementara itu, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan nilai dividen tersebut masih bisa meningkat lebih dari 20 persen, tergantung koordinasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) nantinya.

“Namun, hal itu tergantung hasil diskusi dengan Kementerian BUMN,” ujar Atika.

Hingga kuartal III-2023, perusahaan BUMN penyelenggara jasa jalan tol ini membukukan laba bersih senilai Rp5,97 triliun.

Senilai Rp4,1 triliun dari laba bersih merupakan dampak dari pemenuhan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 22 tentang Kombinasi Bisnis sehubungan konsolidasi kembali PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) melalui akuisisi saham PT Lintas Marga Jawa (LMJ) oleh PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) pada Juli 2023.

Pada periode ini, perseroan membukukan pendapatan senilai Rp11 triliun, yang mayoritas dikontribusikan dari kinerja pendapatan tol yang mencapai senilai Rp9,8 triliun.

Dalam kesempatan ini, Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus mengatakan Jasa Marga akan fokus menyelesaikan lima ruas tol yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Kelima tol tersebut, diantaranya fokus menggarap 5 ruas jalan tol di antaranya yakni ruas Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 64 kilometer (km), Akses Patimban sepanjang 37,05km, dan Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 km, serta Tol Yogyakarta-Solo sepanjang 96,57 km dan Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 171,5 km.

Baca juga: Jasa Marga raih pembiayaan sindikasi pembangunan tol Balikpapan-Samarinda

Baca juga: Jasa Marga bukukan peningkatan laba bersih 56,3 persen pada semester I

Baca juga: Jasa Marga raih kredit Rp7,4 triliun untuk Tol Probolinggo-Banyuwangi

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023