Kota Bandung (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan program Entrepreneur Hub 2023 dari Kementerian Koperasi dan UKM telah menjadi ajang bagi kalangan mahasiswa untuk memulai berwirausaha.

“Ajang Entreprenuer Hub diglorifikasi secara berkelanjutan untuk mendorong terciptanya wirausaha baru di kalangan generasi muda, terutama para mahasiswa,” kata Teten pada acara Entrepreneur Hub di Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Senin.

Teten mengatakan pada masa sekarang ini, mahasiswa dapat memilih untuk menjadi wirausaha dengan mudah. Bahkan, menurut survei yang diperoleh nya, sebanyak 72 persen anak muda di Indonesia ingin menjadi pebisnis bukan lagi jadi karyawan atau pegawai.

"Ini meyakinkan dan kembali memberikan semangat agar produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk luar negeri, kuncinya adalah kolaborasi dan jangan takut memulai," katanya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak wirausaha muda baru, terutama yang datang dari kalangan terdidik atau mahasiswa lewat pelaksanaan Entrepreneur Hub 2023.

"Dengan hal-hal tersebut, saat ini untuk menjadi wirausaha menjadi sangat mudah sehingga peluang untuk meraih kesuksesan tanpa batas sedemikian terbuka," katanya.

Menurut dia, program tersebut merupakan amanat dari Perpres Nomor 2 Tahun 2022, untuk memfasilitasi para pihak bertemu dalam satu platform. Terutama mereka yang sedang mengembangkan ide dalam menumbuhkan usaha dengan basis potensi lokal.

"Upaya ini untuk mewujudkan visi kami dalam mencetak wirausaha by design. Kami juga mengajak para mahasiswa untuk memulai bisnis dengan memperkuat ide bisnis," katanya.

Namun di sisi lain, lanjut dia, yang perlu diperhatikan adalah jangan hanya menciptakan wirausaha baru, namun harus juga menciptakan ekonomi baru.

“Saya telah berbicara dengan beberapa rektor terkait keinginan menciptakan wirausaha baru dan ekonomi baru. Jangan lagi kehadiran wirausaha menjadi pesaing UMKM kecil lainnya," kata Teten.

Baca juga: MenKopUKM: Entrepreneur Hub lahirkan 500 startup gagasan anak muda

Baca juga: Entrepreneur Hub Jakarta bukukan potensi investasi Rp57,3 miliar

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023