Tapi kan selama ini Pak Gubernur sibuk blusukan. Sempat tidak menentukan spesifikasi tersebut?"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Igo Ilham menilai rencana Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melelang jabatan kepala sekolah di sekolah negeri di Jakarta sebagai program yang baik, namun harus dipersiapkan secara matang.

"Saya setuju dengan program ini, tapi memang harus ada persiapan yang matang," kata Igo kepada ANTARA News, Selasa.

Dia menyebutkan persiapan seperti kepastian spesifikasi calon kepala sekolah harus ditentukan sejak awal agar hasilny sesuai dengan tujuan awal lelang jabatan ini.

"Misalnya, dia memang orang dari pendidikan, punya spektrum pendidikan, lalu mengerti psikologi pendidikan," katanya.

Spesifikasi ini ditentukan dengan bekerjasama dengan pakar atau ahli pendidikan di Indonesia. "Tapi kan selama ini Pak Gubernur sibuk blusukan. Sempat tidak menentukan spesifikasi tersebut?" katanya.

Dia menyebutkan persiapan tersebut harus matang agar program lelang ini tak terkesan coba-coba. "Kalau seperti itu kan nanti terkesan pencitraan saja," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto menyebutkan lelang kepala sekolah akan dilakukan akhir tahun ini. Lelang ini, katanya, adalah bentuk transparansi pendidikan karena selama ini kepala sekolah ditunjuk oleh kepala sekolah sebelumnya.


Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013