Jakarta (ANTARA) - PT Pelita Air Service (Pelita Air) membuka rute penerbangan Jakarta-Sorong untuk mendukung konektivitas di Indonesia Timur dan memfasilitasi pertumbuhan pariwisata di wilayah tersebut.

"Kami berharap rute ini akan memberikan manfaat yang besar bagi penumpang kami dan akan menjadi landasan untuk pengembangan potensi pariwisata di Sorong dan sekitarnya," kata Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Rute baru tersebut menandai destinasi penerbangan kesepuluh Pelita Air setelah Yogyakarta, Bali, Surabaya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, dan Banjarmasin.

Dendy mengatakan bahwa Pelita Air memahami pentingnya kenyamanan dan efisiensi bagi pelanggan. Dengan rute non-stop tersebut, kata dia, penumpang akan dapat menikmati perjalanan tanpa henti antara Jakarta dan Sorong.

Baca juga: Pelita Air siap buka rute baru dengan tambahan dua pesawat

"Mengurangi waktu tempuh dan memungkinkan penumpang untuk tiba di destinasi mereka lebih cepat, dengan lebih banyak waktu untuk menikmati liburan atau melakukan bisnis," ucap Dendy.

Ia pun mengharapkan pembukaan rute tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi penumpang dan akan menjadi landasan untuk pengembangan potensi pariwisata di Sorong dan sekitarnya.

"Semoga dengan adanya rute penerbangan Pelita Air ke Sorong, kami dapat memenuhi dahaga para wisatawan Indonesia yang ingin berwisata atau liburan, apalagi kita akan memasuki peak season Natal dan Tahun Baru," ungkapnya.

Ia pun menekankan Pelita Air tidak hanya berfokus pada konektivitas, tetapi juga memperkuat dukungan pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia Timur.

Baca juga: Pelita Air buka rute baru Jakarta - Banjarmasin

"Sorong memiliki potensi luar biasa dengan keindahan alamnya yang belum terjamah, termasuk kekayaan bawah lautnya yang luar biasa. Kami berharap bahwa rute baru ini akan membuka lebih banyak pintu untuk wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Sorong dan sekitarnya," ujar Dendy.

Acara seremoni peluncuran rute kesepuluh itu dilakukan di Bandar Udara Domine Eduard Osok (SOQ) Sorong, Papua Barat, Rabu dengan pemotongan pita dan pengalungan bunga oleh jajaran manajemen Pelita Air kepada perwakilan penumpang perdana penerbangan Jakarta-Sorong-Jakarta.

Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau silver class, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta-Sorong-Jakarta setiap hari dengan jadwal keberangkatan Jakarta-Sorong pukul 00.50 WIB dan tiba pukul 06.50 WIT serta Sorong-Jakarta 07.40 WIT dan tiba 09.35 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023