Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola yang merupakan kapten tim nasional Argentina Lionel Messi terpilih sebagai atlet terbaik tahun ini versi majalah Time.

Dikutip dari laman Reuters, Selasa (5/12), pemain berjuluk La Pulga tersebut dinobatkan sebagai atlet terbaik tahun ini setelah sebelumnya meraih trofi Ballon D'or 2023.

Selain itu Messi dinilai sebagai pemain yang memberikan dampak besar terhadap perkembangan sepak bola Amerika Serikat usai kepindahan pemain berusia 36 tahun tersebut ke klub MLS Inter Miami.

Messi memperoleh gelar kedelapan Ballon D'or sepanjang karir dan menobatkan dirinya sebagai pemain paling sukses memperoleh gelar individu tersebut.

Mantan pemain Barcelona tersebut terpilih memenangkan Ballon D'or 2023 karena perannya membawa timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Baca juga: Messi belum tutup pintu untuk Piala Dunia 2026

Kepindahan Messi ke Inter Miami pada bursa transfer musim panas lalu juga memberikan dampak yang besar untuk sepak bola Amerika secara keseluruhan.

Messi berperan penting atas gelar perdana Inter Miami memenangkan trofi League Cup 2023. Selama berseragam Inter Miami, Messi mencatat total 11 gol dari 14 penampilan.

Di luar lapangan, Messi telah membuat orang-orang di Amerika Serikat lebih gemar menonton sepak bola. Kehadiran La Pulga membuat lonjakan penjualan tiket sepak bola dan jersey Inter Miami.

Sebelum Messi, terdapat sejumlah atlet yang pernah memenangkan penghargaan tersebut, di antaranya LeBron James, Simone Biles dan pada 2022 bintang baseball New York Yankees Aaron Judge memenangkan penghargaan itu.

Baca juga: Lionel Messi raih penghargaan Ballon d'Or kedelapan
Baca juga: Anggota timnas Argentina berikan selamat pada Messi atas Ballon d'Or

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023