solusi konkret
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hamdan Hamedan mengatakan bahwa program makan siang dan susu gratis merupakan salah satu solusi konkret untuk meringankan beban keluarga prasejahtera di Indonesia.

“Saya sangat yakin program makan siang dan susu gratis dari paslon Prabowo-Gibran ini adalah solusi konkret,” kata Hamdan dalam siaran resmi TKN Prabowo-Gibran di Jakarta, Rabu.

Ia menceritakan pengalamannya menjadi penerima program makan siang gratis untuk siswa di Amerika Serikat. Saat itu makan siang gratis atau bersubsidi hanya diberikan kepada seluruh anak dari keluarga kurang mampu.

Saat ini, di delapan negara bagian, kebijakan makan siang gratis telah berkembang. Hamdan menjelaskan, dari yang sebelumnya diberikan kepada keluarga yang kurang mampu, menjadi diberikan kepada siapa pun, baik anak dari keluarga kurang mampu maupun dari keluarga yang mampu.

Hamdan menceritakan ketika 21 tahun lalu dirinya tinggal di California, AS di mana orang tua asuhnya hanya mampu memberinya makan sekali saja per hari, yaitu hanya makan malam. Namun, Hamdan didaftarkan untuk mendapat makan siang gratis di sekolah.

“Di situ pemerintah California pun hadir memberi subsidi kepadanya, termasuk makan siang gratis bagi orang rumahnya, yang mana saat itu saya berada di dalamnya,” katanya.

Ia mengatakan, makanan gratis yang disediakan pemerintah AS untuk pelajar dari keluarga pra-sejahtera saat itu memiliki komposisi gizi yang baik.

“Berdasarkan pengalaman saya, bagi pelajar dari keluarga pra-sejahtera, makan siang gratis di sekolah seringkali menjadi makanan terbaik yang bisa didapat. Ada karbohidrat, protein, sayur, buah dan susu di sana,” kata Hamdan.

Hamdan menambahkan selain di AS, program ini sudah sukses diterapkan di beberapa negara termasuk Finlandia dan Ruwanda. Program itu telah membantu keluarga yang kurang mampu atau pra-sejahtera, yang sulit memenuhi kebutuhan keluarga termasuk anak-anaknya di negara-negara tersebut.

Lebih lanjut, Hamdan berharap agar Prabowo-Gibran berhasil terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 agar program makan siang dan susu gratis dapat berjalan.

“Semoga Pak Prabowo berhasil menang di Pemilu 2024, dan program yang sudah terbukti luar biasa ini bisa dijalankan di sini. Sehingga pengalaman saya di Amerika, bisa dirasakan oleh keluarga-keluarga kurang mampu di Indonesia.” katanya.

Baca juga: Program makan siang gratis diprediksi capai 82,9 juta penerima di 2029

Baca juga: TKN bantah isu pengalihan dana KIS untuk makan siang dan susu gratis

Baca juga: TKN Prabowo-Gibran salurkan makan siang di 200 kota dalam dua pekan


Pewarta: Fauzan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023